Mie Aceh




Bismillah


Planning bikin aceh udah lama, tapi baru terealisasi sekarang.

Padahal udah sering juga beli udang, tapi kelupaan terus beli mie telur. Asli mie aceh si pakai mie kuning, tapi disini nggak ada jual, jadi diganti mie telur aja. Malas juga mau bikin mie sendiri, hehee. Pas zauji kebetulan beli, cepat-cepat dibuat mie aceh. kebetulan juga ada udang dan daging. Serba kebetulan ya.


Saya ini penggemar mie aceh. Dulu sering juga beli mie aceh. Kalau di pekanbaru, mie aceh yang terkenal itu di jalan arifin ahmad. Namun sangat disayangkan, setelah makin ramai, malah kualitasnya semakin berkurang. Yang dulu isinya banyak dan enak, sekarang sedikit sekali, banyakan mienya aja. Belum lagi harganya yang makin melambung. Akhirnya jadi jarang kesana lagi. Memang jarang rumah makan yang mempertahankan kualitasnya, apalagi kalau sudah ramai. Makanya itu bedanya yang profesional, penting sekali lho menjaga kualitas masakan itu. Karena sekali masakan kita nggak enak, rumah makan kita langsung sepi, nah untuk mencari pelanggan lagi setelah sepi itu susah. Kepercayaan pelangganlah yang penting kita jaga, betul kan?



Hehehe, kok jadi bicara bisnis rumah makan ya. Saya pakai resep mie aceh yang kebetulan saya temui, katanya sih enak, tapi masih belum pas aja rasanya menurut saya, kurang kerasa bumbunya. Kalau resep mie rebus medannya pas dan klop. Mungkin mesti nyari resep orisinil dari orang acehnya ya, hohooo.Tapi lumayanlah, apalagi ada tambahan udang dan daging. Kalau nggak enak ya keterlaluan, secara pakai bahan mahal, hohoho. Yang khas dari mie aceh ini dari karinya. Membuat aromanya beda dari mie lainnya. Karena saya buat yang versi rebus, jadi saya tambah airnya seperti di resep sebanyak 1 L. Sip deh, mari makan mie aceh. Nyaaam.



Resep Mie Aceh

Bumbu Halus:

1. 10 bawang merah
2. 3 bawang putih
3. 3 butir kemiri
4. 1 sdt merica
5. 1 sdm bubuk Kari 

Bahan Lain:

1. 200 gram udang, kupas kulit tinggalkan ekor
2. 150 gram daging kambing atau sapi, yang telah direbus dan iris tipis
3. 100 gram kol, iris halus
4. 100 gram tauge
5. 2 buah tomat, kupas, potong dadu
6. 2 tankai daun bawang, rajang
7. 2 tangkai daun seledri , rajang
8. 100 ml kaldu daging sapi atau ayam ( 1 L jika, membuat mie kuah)
9. 2 sdm kecap manis
10. 1 sdm kecap asin ( 3 sdm jika menggunakan mie basah)
11. 50 gram cabe rawit hijau
12. 400 gram  mie lidi atau mie basah (saya pakai mie telur)
13. 4 sdm minyak untuk menumis


Pelengkap:

1. Tomat
2. Timun
3. Emping goreng

Cara Membuat:

1. Rebus mie dalam air mendidih setengah masak. Buang air dan cuci dengan air dingin, ulangi lagi proses ini sekali lagi sampai mie hampir masak, tiriskan dan beri sedikit minyak.
2. Panaskan minyak dan tumis bumbu yang telah dihaluskan sampai harum dan masak.
3. Masukkan bumbu-bumbu lainnya aduk sebentar, masukkan udang, daging dan kaldu, aduk rata, biarkan mendidih kembali.
4. Masukkan mie aduk sampai bumbu merata.
5. Sajikan panas dengan potongan timun, tomat dan emping melinjo.

Selamat Mencoba ^_^


With Love












post signature

No comments: