Pancake Coklat



Bismillah


Bikin pancake buat sarapan pagi. Nggak kerasa, lama juga nggak bikin pancake. Kami memang prefer sarapan dengan roti ataupun nasi goreng kalau saya lagi rajin.
Maklum tiap malam begadang nemenin ruqayyah, jadi rada nggak semangat kalau mesti masak pagi-pagi. Cari yang simpel-simpel aja. Walaupun begitu, pagi zauji wajib minum teh atau yang anget-anget. Kayaknya jadi suatu kebiasaan deh. Ingat abi tiap pagi selalu minum kopi, nah zauji lebih suka teh sepertinya. Mau teh manis biasa, atau ditambah dengan perasan jeruk nipis. Terkadang minum teh mint. Kalau saya sekarang lagi membiasakan diri setiap pagi minum sari kurma anget. Sari kurma memiliki banyak manfaat. Terutama buat kalsium. Ibu menyusui ini perlu banyak konsumsi kalsium. Soalnya belakangan juga mudah sakit pinggang, jadi mungkin harus dibiasain minum susu juga ya. Jujur saja, saya bukan pencinta susu, biasa aja, lebih kearah nggak begitu suka. Tapi kalau susu yang rasa buah, saya juga doyan. Baqolah sini menjual susu aneka rasa buah, susu low fat, fresh milk, yoghurt dan sebagainya produk turunan susu. Mungkin karena penduduk saudi cinta susu ya. Hehehe. Makanya sejak tinggal disini saya udah terbiasa minum susu dan menyukai susu serta produk turunannya seperti yoghurt dan keju. Padahal dulu sama sekali nggak suka. Jangankan keju parut, snack yang ada rasa kejunya saja saya nolak. Eh sekarang jadi suka. Lima tahun belakangan ini jadi banyak berubah pola makan. Masya Allah ya, manusia itu beradaptasi dari segala segi. Hingga selera makannya pun sedikit demi sedikit berubah menyesuaikan tempat tinggal.


Pancake yang saya buat kali ini agak beda sedikit dari biasanya. Yup, ini pancake coklat. Biar lebih variatif aja. Tapi menurutku lebih enak yang plain ding. Kalau yang coklat nggak enak dimakan tanpa toping, ada rada pahit sedikit dari coklat bubuknya. Saya coba pakai selai coklat ditengah pancake dan disiram madu. Maunya sih disiram ganache ya. Tapi saya lagi ingin motret "madu" ni, jadi pakai toping siraman madu. Oke, berikut resepnya ya.


Resep Pancake Coklat
Sumber: Hesti Kitchen


Bahan:

1. 5 butir kuning telur
2. 3 butir putih telur
3. 150 gram gula pasir
4. 1/2 buah jeruk nipis, ambil airnya
5. 300 ml susu cair
6. 230 gram tepung terigu protein sedang
7. 20 gram cokelat bubuk (ayak bersama terigu)
8. 1 sdt baking powder
9. 35 gram mentega cair
10. 3/4 sdt garam
11. 1/2 sdt vanili

Cara Membuat:

1. Campur susu dan jeruk nipis, diamkan kurang lebih 10 menit atau sampai susu kelihatan agak bergumpal. Setelah itu tambahkan kuning telur dan telur utuh ke dalam susu. Aduk rata.
2. Tuang di dalam wadah, terigu, coklat bubuk, baking powder, gula dan garam. Aduk Rata. 
3. Tambahkan Bahan cair tadi sambil diaduk menggunakan whisker sampai rata dan halus, diamkan minimal setengah jam.
4. Panaskan teflon, tidak perlu dioles margarin. Tuang satu sendok sayur adonan. Panggang dengan api kecil sampai muncul gelembung-gelembung. Harus berhati-hati karena warnanya cokelat tidak kelihatan kalau sudah kuning.
5. Balik lagi. Biarkan sampai matang, angkat. Selesaikan semua adonan.
6. Hidangkan dengan saus coklat dan fruit cocktail atau sesuai selera.

Selamat Mencoba ^_^


With Love








post signature

2 comments:

Rika Oktianti said...

Wah motret madu udah dicoba.... Ga susah kan?
Siapa yang bantu pegangin madunya Mba?

selma alan said...

Hehe iya mbak...tapi masih pengen foto freeze...misal tetesan madunya freeze gtu ya. Saya pegang sendiri mbak..ini asal aja...:D