Pandan Kaya Cake



Bismillah


Waktu pertama kali lihat cake ini ada rasa penasaran. Iya, penasaran. Penasaran gimana sih rasa cake ini.
Walau penampilannya terkesan biasa aja, tapi saya suka warna hijaunya. Belum lagi saya pecinta sarikaya pandan. Di indonesia bukanlah hal yang sulit memperoleh selai sarikaya. Saya biasa menikmati selai ini bersama dengan roti tawar. Begitu saja. Terkadang saya memakannya tanpa selai, menyendokinya dengan jari, begitulah betapa saya mencintai sarikaya, terutama yang pandan. Dan itu sebabnya, sedih juga rasanya kehilangan kenikmatan sarikaya di madinah ini. Nggak pernah sekalipun saya menemukan sarikaya dijual disini, walaupun di toko Asean sekalipun. Padahal bisa jadi orang arab juga tertular jadi cinta sarikaya seperti halnya indomie. Nggak ada yang nggak mungkin kan ya? Hohoho.

Nah, saya menemukan resep berikut foto cake ini di facebook. Seperti biasa iseng aja menelusuri beranda yang sebagian besar postingannya makanan dan cake. Maklum saja namanya ibu-ibu ya. Isinya nggak jauh-jauh dari makanan dan anak. Pernah saya melihat medsosnya zauji dan postingan teman-temannya, masyaAllah, semuanya berita, hihii. Kebanyakan share video dan link. Terlihat sekali betapa luasnya pemikiran laki-laki ya. Sampai mendunia begitu, hehee. Beda dengan kita-kita para ibu, senangnya sama yang kecil-kecil. Jarang sekali tertarik membicarakan politik dan keadaan negara sana sini yang membuat fikiran ruwet, Enakan ngobrol ringan sambil cerita tentang masak apa ya hari ini? :D 

Oke balik ke si pandan kaya cake. Cake ini termasuk golongan sponge cake atau chiffon ya? Soalnya lembutnya mirip chiffon. Berpadu dengan sarikaya pandan per lapisannya. Belum lagi taburan kelapa parut sebagai toping. Unik deh. Nggak eneg makan cake begini. Menyesal kalau cuma makan dikit, dibagi sama anak-anak yang juga doyan cake. Selain itu mesti nahan selera supaya badan nggak melar maksimal abis makan cake ini. Tapi yang jelas, buat cake ini puas, secara memang fans beratnya sarikaya pandan. Silahkan dicoba yuk. Tips dari saya, perhatikan dan ikuti step membuat cake ini dengan seksama. Tutorial lengkapnya bisa dibuka disini. Hasil disini rapi banged. Saya cuma seadanya aja, nggak pernah deh bisa rapi bikin cake karena selalu bakingnya bareng krucil. Ya nggak papa, mereka senang lihat saya baking, nggak tega juga buat "mengusir" mereka. Kalau ruqayyah mah harus nempel aja sama saya, nggak bisa diletakkan, kalau nggak tangisannya seperti makai micropon, nyaring banged. Malu sama tetangga. Saya berusaha menikmati "gangguan" dari anak ini, biarlah begini, setelah mereka dewasa, kita sebagai orang tua malah akan rindu dengan segala rengekan dan polah manja mereka. Walau sedikit mikir agak kejauhan karena memang sekarang mereka masih balita, tapi ketika saya mulai merasa sangat suntuk dan bete binti jenuh melihat hasil karya mereka yang menyulap dapur menjadi kapal pecah, seketika saya berusaha menenangkan dengan pemikiran diatas. Anak merupakan harta tak ternilai yang tak bisa digantikan. 

Udah mulai cerita kemana-mana ya. Langsung aja deh, berikut resepnya. Mana tahu ada teman yang tertarik untuk membuatnya. 


Resep Pandan Kaya Cake



Bahan A:



1. 10 gram gula kastor

2. 45 gram kuning telur
3. 50 gram minyak sayur
4. 45 gram susu cair
5. 8 tetes pasta pandan
6. 50 gram tepung terigu
7. 1/4 sdt baking powder
8. 1/16 sdt garam


Bahan B:



1. 105 gram putih telur

2. 1/8 sdt cream of Tar-tar (saya pakai jeruk nipis)
3. 40 gram gula kastor


Bahan Kaya (sarikaya):



1. 300 gram air

2. 1/2 sdt Nutrijelly/agar-agar putih/bening
3. 40 gram gula pasir
4. 25 gram butter tawar
5. 40 gram air perasan daun pandan (50 gram daun pandan di potong-potong lalu blender dengan air kurang lebih 300 gram air, saring hingga mendapatkan 40-50 gram)
6. 120 gram santan kental
7. 35 gram tepung hunkwe
8. 5 tetes pasta pandan


Cara Membuat : 



1. Siapkan loyang ukuran 18 atau 20 karena memakai round pan 18, saya takut tumplek jadi saya siapkan loyang 20 untuk sisi luarnya, ternyata dia mengembang tinggi, rata dan tidak luber. Alas dengan kertas roti. 

2. Whisk atau aduk pakai kocokan manual telur dan gula, setelah menyatu, masukkan bahan lainnya satu persatu (bahan-bahan A), setelah tercampur rata, sisihkan.
3. Kocok putih telur dan vinegar dengan kecepatan sedang sambil masukkan sedikit demi sedikit gula (bahan-bahan B), lalu mixer dengan kecepatan tinggi hingga puth telur maenjadi kaku (coba dibalik, tumplek ga ? kalo tumplek berarti belum sempurna pengocokan nya)
4. Masukkan kocokan putih telur sebagian demi sebagian ke adonan A, hingga tercampur rata… ketuk-ketuk loyang agar gelembung nya keluar.
5. Panggang di oven yang sudah dipanaskan (kurang lebih 160 derajat) api menyeluruh yaa (atas bawah) hati-hati gosong atasnya. (40 menit)
6. keluarkan cake, dinginkan, di trim seluruh samping2 nya, potong layer menjadi 2 -3 bagian.
7. Campur semua bahan kaya, panaskan dengan api sedang ke kecil, aduk terus hingga mengental, jangan biarkan dingin yaaaa… langsung siapkan cakenya.


Penyajian:



1. Tata layer cake pertama sebagai dasar, tuang adonan kaya yang masih panas selapis.

2. Tata layer berikutnya, tuang adonan kaya, ulangi lagi di layer terakhir, diamkan sebentar lalu masukkan kulkas kira-kira 30 menit,
3. Setelah itu keluarkan dari loyang dan siap dihias.

Selamat Mencoba ^_^








With Love







post signature

No comments: