Pukis Ketan Hitam




Bismillah

Ada seorang teman ummahat, lumayan akrab juga sih, sering ngobrol. Beliau hendak nihai atau pulang ke kampung halamannya.
Tepatnya kampung suaminya di jepang. Jadi taklim jum'at ini sekalian perpisahan dengan beliau dan diadakan di rumahnya. Ummahat lain dipersilahkan juga bawa makanan kalau mau. Saya bawa pukis dan brownies ketan hitam. Variasi dikit pakai oleh-oleh dari mbak anggi, Biar kerasa banged khas indonesianya. Pukisnya juga saya variasikan dengan ketan hitam. Alhamdulillah pukisnya sukses mengembang, tapi memang nggak semantap resepnya mbak ricke, resepnya mbak ricke itu lembut banged pukisnya, sesuailah ya dengan telurnya yang agak banyak dari pukis biasa. Pukis ketan hitam ini unik rasanya. Alhamdulillah juga laris, plus ditanyain juga cara buatnya. Senang bisa disukai. Karena kan saya memang suka sekali jajanan tradisional. Untuk saat ini belum bosan, hehee.


Resep Pukis Ketan Hitam

Bahan:

1. 375 ml santan dari 1/2 butir kelapa
2. 2 lembar daun pandan
3. 1/4 sdt garam
4. 2 butir telur
5. 125 gram gula pasir
6. 125 gram terigu 
7. 125 gram tepung ketan hitam
8. 1 gram ragi instan
9. 1/4 sdt vanili bubuk
10. 75 ml susu kental manis putih
11. 100 gram margarin, cairkan
12. 15 gram mentega, cairkan 

Cara Membuat:

1. Rebus santan, daun pandan dan garam sampai mendidih sambil diaduk-aduk supaya santan tidak pecah. Angkat dan biarkan hangat. Saring dan buang daun pandan.
2. Campur bahan kering seperti terigu, tepung ketan hitam, ragi dan vanili bubuk, sisihkan.
3. Dalam wadah besar kocok telur dan gula menggunakan mixer speed tinggi sampai putih, kental dan mengembang. Masukkan campuran terigu berselang-seling dengan santan hangat sambil dikocok dengan mixer speed rendah sampai rata. Awali dan akhiri dengan tepung.
4. Masukkan susu kental manis, margarin dan mentega cair, kocok lagi dengan speed rendah sampai rata (aduk balik pake spatula juga boleh). Tutup wadahnya dan fermentasikan di tempat hangat selama 1 jam sampai mengembang.
5. Siapkan cetakan pukis, olesi dengan minyak goreng tipis-tipis dan panaskan dengan api kecil.
6. Tuang adonan sampai 3/4 penuh. Tutup dan panggang sampai permukaannya kering atau matang. 

Selamat Mencoba ^_^


With Love










post signature

No comments: