Putu Aceh



Bismillah

Penasaran gimana sih rasa putu aceh ini. Baru pertama kali tau ada yang namanya putu aceh.

Kan yang terkenal dari aceh itu kan thimpannya ya. Ternyata masih banyak ya kuliner khas aceh yang saya nggak tahu. Contohnya putu aceh ini. Perpaduan antara putu ambon dan putu cangkir. Suka dengan rasanya. Kayaknya dulu waktu kecil pernah makan, cuma nggak tahu ternyata namanya putu aceh ya. Membuatnya juga nggak rumit. Cume mengukusnya saya tambahkan waktunya 10 menit lagi setelah saya buka cetakannya. Supaya matang sempurna. Ini ya resepnya, mungkin teman-teman ingin mencoba buat tambahan variasi cemilan di rumah.



Resep Putu Aceh
Sumber: Eri mulyati (dengan sedikit modifikasi)

Bahan:

1. 700 gram kelapa parut (putihnya saja)
2. 500 gram tepung ketan
3. 250 gram gula pasir
4. 100 gram gula merah disisir untuk toppingnya
5. 1/2 sdt Vanilli
6. 1 sdt garam
7. 3 lembar daun pandan iris serong untuk hiasan

Cara Membuat:

1. Panaskan dandang kukusan sampai airnya mendidih.
2. Siapkan dalam wadah tepung ketan, kelapa parut, gula pasir, vanili dan garam. Aduk rata.
3. Masukkan ke dalam cetakan yang sudah dioles minyak goreng. Taruh gula merah dan irisan daun pandan diatasnya.
4. Kukus sampai matang, kira-kira 15menit. Angkat dan dinginkan.

Selamat Mencoba ^_^


With Love







post signature

3 comments:

Rika Oktianti said...

Saya baru tahu ada Putu Aceh.

Dapur Comel Selma said...

Iya mbak..saya pun suprise...perpaduan antara putu ambon dan cangkir...

Dapur Comel Selma said...

Iya mbak..saya pun suprise...perpaduan antara putu ambon dan cangkir...