Spaghetty Bolognaise Udang dan Saus Bechamel



Bismillah

Jujur saja ya, saya bukan pecinta masakan bule atau eropa sono. Karena lidah ini yang ndeso. Beda dengan masakan china atau india karena bumbunya hampir-hampir mirip dengan masakan indonesia. Terasa gitu. Kalau makanan eropa kan minim bumbu plus berkrim-krim gitu. Makanya saya termasuk jarang masak masakan eropa. Tak terkecuali pasta. Ada beberapa kreasi pasta yang saya suka. Misalnya macroni schotel dan satu lagi spaghetty bolognaise.

Sebenarnya nggak ada niat sama sekali mau buat spaghetty ini. Kangen sih, tapi nggak kefikir. Karena begitu banyak list masakan lain yang pengen saya buat. Nah karena ada peer dari grup masak, jadi keinget udah lama juga nggak masak spaghetty. Saya buat dua kreasi, satu dengan saus bolognaise dan satunya yang berkrim-krim gitu, saus bachamel. Saus bolognaisenya istimewa karena saya mensubsitusikan daging dengan udang. Karena zauji memang lebih suka seafood, jadi sedikit saya kreasikan saja. Dan tebak yang mana yang laris manis? Yup, tentu saja yang udang. Seenak apapun yang saus krim, tetap aja lidah ndeso kami lebih suka yang udang, hihihi. Pas nyari resep spaghetty ini, ternyata lumayan banyak juga ya macamnya. Pengen nyoba satu persatu terutama yang cukup terkenal, spaghetty aglio e olio yang membuatnya cukup simpel dan bahannya sedikit yaitu minyak zaitun dan bawang putih. Semoga saja, bisa kesampaian ya. Masih ada sedikit spaghetty sisanya ni, hihiii.


Resep Spaghetty Saus Bolognese Udang
Modifikasi: Dapur Comel Selma Ummu HaritsAbdullah (saya buat 1/2 resep)

Bahan:

1. 600 gram spaghetti
2. 1 sdm minyak zaitun
3. 1200 gram udang ukuran sedang, kupas dan buang bagian tengahnya
4. 3 siung bawang putih, cincang
5. 2 ½ ons tomat cincang kalengan tanpa garam
6. 3 sdm pasta tomat (saya ganti saus tomat karena nggak suka bau pasta)
7. 1 sdm basil cincang segar atau 1 sdt basil kering
8. 1 sdm oregano segar cincang atau 1 sdt oregano kering
9. 1 sdm acar caper
10. ¼ sdt bubuk cabai
11. Basil cincang untuk tambahan (opsional)

Cara Membuat:

1. Masak spaghetti sesuai petunjuk yang berada di dalam kemasan
2. Sementara itu, di wajan besar, panaskan minyak zaitun di atas api sedang. Masukkan udang dan bawang putih, masak selama 3 menit atau hingga udang kemerahan. Pindahkan udang dan sisa minyak ke dalam satu wadah dan sisihkan.
3. Masukkan tomat, pasta tomat, oregano, caper, dan bubuk cabai ke dalam wajan, letakkan di atas api sedang selama 10 menit, aduk sesekali. Masukkan udang dan sisa minyak ke dalam wajan, masak selama 2 menit.
4. Sajikan spaghetti dan beri saus udang di atasnya. Sajikan segera.


Saus Bachamel
Sumber: Catatan Nina

Bahan:

1. 1 sdm margarine ( munjung )
2. 2 sdm tepung terigu
3. 250 ml susu cair
4. Garam
5. Merica
6. 100 gram keju parut

Cara Membuat:

1. Cairkan margarine, masukkan terigu, aduk2 sampai rata, tuangkan susu sedikit demi sedikit sambil di aduk cepat agar rata.
2. Masukkan keju cheddar parut, aduk hingga rata
3. Tambahkan garam dan merica. Aduk hingga kental Sajikan segera sebagai saus spaghetty.

Selamat Mencoba ^_^

With Love







post signature

2 comments:

Rika Oktianti said...

Mba selma, klo mau dibikin ala2 Indonesia bisa kok. Misalnya pasta pake rendang ato pasta pake opor ato pasta dengan kari. Dijamin enak banget mba.

selma alan said...

Iya betul mbak..saya juga pernah buat spaghetty ebi..bumbunya indonesia banged. Kadang mie ayam pakai pasta..hehee..tapi belim pernah pakai rendang, opor dan kari. Makasi idenya ya mbak 😙😍