Kue Lumpur Ketan Hitam




Bismillah


Karena muffinnya cuma dikit, jadi buat kue lagi untuk sarapan zauji dan adiknya.
Dan karena kemarin pas dibikin kue ini, zauji suka, jadi saya buat lagi deh. Tapi tentu saja varian berbeda. Kue lumpur ketan hitam. Gluten free eh ceritanya, hohoo. Seperti biasa pakai kentang aja, tapi tepung terigunya diganti ketan hitam. Pakai resep mbak evi, karena mau pakai resep biasa agak ragu cocok nggak diganti tepung ketan hitam. 

Setelah nyoba kue ini, zauji lebih suka yang ketan hitam, lebih sedap daripada yang ubi. Kentang memang lebih wangi dibandingkan ubi, dan ketan hitamnya menyumbang kelegitan kue lumpur ini, tapi tetap lembut khasnya kue lumpur. 


Resep Kue Lumpur Ketan Hitam
Sumber: Evi Khalisa

Bahan:

1. 200 gram ketang kukus , haluskan
2. 100 gram tepung ketan hitam
3. 4 kuning telur
4. 2 putih telur
5. 125 ml santan agak cair
6. 50 gram margarin, cairkan
7. Sejumputgaram
8. 100 gram gula pasir
9.  Kismis secukupnya untuk toping

Cara Membuat:

1. Kukus kentang sampai matang, kupas lalu haluskan. Sisihkan 
2. Cairkan margarin, lalu dinginkan.
3. Campur lalu aduk dengan whisk gula, garam, telur dan santan, sampai 
gula larut dan telur terkocok merata.
4. Tambahkan tepung ketan hitamnya, lalu aduk kembali sampai merata.
5. Masukkan kentang yg sdh dihaluskan, aduk kembali sampai merata.
6. Panaskan cetakan ya, sambil menunggu adonan siap. 
tambahkan margarin cair, aduk kembali sampai rata. Jika dirasa kurang halus, adonan ini bisa di saring dahulu sebelum siap di cetak ya.
7. Jika cetakan sdh panas, siap di cetak. Setelah setengah matang, taruh topping diatasnya, lalu tutup tunggu sampai matang. Setelah permukaannya mengkilap, siap di sajikan.

Selamat Mencoba ^_^



With Love






post signature

2 comments:

Rika Oktianti said...

Enak kah Mba dipakein ketan hitam?
Di madinah ada tepung ketan hitam?

selma alan said...

Enak mbak..legit...suka deh...coba aja...
Nggak ada mbak..ini dibawakan temen yg datang umroh kmrn...mesti impor dulu..hiks