Lapis Ubi




Bismillah


Lapis ubi ini jajanan dari sulawesi selatan.
Pertama melihatnya di blog teh ayu, sangkain cake.
Eh ternyata bukan, malah "ngubi" banged, mirip-mirip getuk ubi lah. Getuk ubi jalar ya, buka ubi kayu (ada gak sih getuk ubi jalar ;p). Pokoknya gitu deh, rasanya enak banged lho. Apalagi buat pecinta jajanan pasar seperti saya ini. Saya nggak modifikasi resepnya seperti di blog teh ayu. Teh ayu memodifikasinya dengan keju dan coklat. Saya murni ubi aja, mau rasa gimana rasa orinya. Dan memang enak lho.

Cuma saya ada trouble dikit. Pertama, saya cuma mengoles minyak aja loyangnya, dan lupa alasin plastik atau kertas roti. Saya fikir nggak bakalan lengket, karena menyangka ini cake, eh ternyata lengket, hihii. Kedua, karena nggak sabar, didinginkan sebentar aja di dapur, langsung saya potong, amburadul lah potongannya, belum set ternyata. Wah mesti disimpen dalam kulkas dulu. Nggak papa deh, pengalaman. Besok mana tau mau bikin lagi jadi tau ya. Saya tambahin aja di resepnya, khawatir lupa dan mengalami nasib yang sama seperti saya. 



Resep Lapis Ubi
Sumber: Momylicious

Bahan:

1. 2 butir telur 
2. 75 gram gula pasir 
3. 50 ml santan kental 
4. 2 sdt ragi instan 
5. 200 gram ubi jalar yang sudah direbus dan dihaluskan
6. 50 gram tepung terigu protein sedang 
7. 2 sdm tepung maizena 
8. 1/4 sdt garam 
9. 1/4 sdt vanili 
10. 2 sdm susu kental manis 
11. 3 tetes pewarna ungu

Cara Membuat:

1. Kocok telur dan gula 3 menit dengan kecepatan rendah. Masukkan 25 ml santan dan ragi instan. Aduk rata. Sisihkan.
2. Aduk rata ubi dan sisa santan. Tambahkan kocokan telur. Aduk rata. Masukkan tepung terigu, tepung maizena, garam dan vanili sambil diayak dan diaduk rata. Masukkan susu kental manis. Aduk rata.
3. Bagi adonan 2 bagian. Satu bagian ditambahkan pewarna ungu. Aduk rata. Diamkan adonan 15 menit.
4. Tuang adonan putih di loyang 18 x 10 x 5 cm yang dioles margarin dan ditaburi tepung terigu (lebih baik alas plastik atau kertas roti). Kukus 15 menit dalam pengukus yang sudah dipanaskan. Tuang adonan ungu di atasnya Kukus 25 menit.
5.  Angkat dari kukusan dan dinginkan di kulkas baru kemudian potong.

Selamat Mencoba ^_^


With Love






post signature

2 comments:

Rika Oktianti said...

Kapan hari di salah satu supermarket di Pontianak ada bikin pastel pake ubi jalar Mba. Enak deh. Manis dan asin gitu tastenya.

Toss ah kita bilang Singkong itu ubi kayu. Melayu banget kan ya.

selma alan said...

Wah masyaAllah..baru denger tu pastel ubi jalar...penasaran...

Iya...lho ubi kayu bkn bahasa indo ya..hihi