Lotek Yogya



Bismillah

Duh kangen banged makan lotek. Loteknya kakak (harusnya mbak, tapi kami terbiasa manggil kakak karena orang pekanbaru :D) dekat rumah di pekanbaru, maknyus, pedesnya nampol abis.
Kalau makan walaupun kepedesan, nggak akan berhenti sampai abis. Dan nyoba resep loteknya mbak diah didi, komplet loteknya, pakai bakwan dan tempe, maunya sih pakai tahu, lontong dan mie juga, tapi wah banyak amat, ini aja udah sesak perut, hihiii. Sayurannya lengkap sesuai di resep, dan alhamdulillah kangenku terobati, loteknya sama persis, sama enaknya, pedesnya juga pas, manisnya juga oke. Sedap bangedlah pokoknya. MasyaAllah, puas hari ini makan loteknya. Seger abis. Rasa bumbunya beda enaknya kalau segar begini. Kalau dibandingkan sayur pecal saya lebih suka lotek, bumbunya enak dan segar.

Lotek ini dari yogya ya? Pokoknya menurutku lotek ini sayurannya wong jowo. Nah kalau resep yang saya buat ini yang dari yogya. Maknyus.

Apa sih beda lotek dan pecel? Beda dong, kalau pecel bisa pakai bumbu kemasan yang diencerin dengan air, kalau lotek bumbunya mesti segar, harus betul-betul langsung dibuat dan disajikan. Makanya inget kalau kakak yang jual lotek dekat rumah itu, langsung nguleg bumbu loteknya ketika lotek dipesan. Bedanya lagi bumbu lotek semuanya segar, cabe, bawang, kencur, dan jeruk semuanya mentah, kecuali kacangnya yang digoreng, Kebayang kan rasanya lebih nampol. Dalam penyajiannya dengan sayuran rebus, sayuran mentah dan karbonya bisa bakwan, tempe, tahu, lontong atau mie. Kalau kakak dekat rumah itu buatnya dengan tahu dan mie saja. Sekarang kalau saya dengan bakwan dan tempe, sesuai selera aja. Buat sayur rebusnya, bisa bayam atau kangkung, kacang panjang dan toge (toge nggak mesti ada sih). Trus sayur mentahnya bisa timun, kol dan tomat. Plus ditambah kerupuk yang dihancurin, slurp sedapnya. Makanya hampir tiap pagi kami suka belanja lotek, murah dan enak. Resepnya berikut ya. Coba deh, bikin ketagihan, hihii.



Resep Lotek Yogya
Sumber: Diah Didi

Bahan:

1. Sayur matang  : bayam, wortel dan kacang panjang, taoge, di rebus
2. Sayur mentah  : kol, ketimun dan tomat jika suka

Pelengkap :

1. Lontong / ketupat, tahu atau tempe goreng, bakwan goreng, kerupuk sagu kecil-kecil.

Bumbu kacang per porsi :

1. 50 gram kacang tanah
2. 3 buah cabe  rawit merah  
3. 1 cm kencur
4. 1 siung bawang putih
5. 1 lembar daun jeruk
6. 30 gram gula merah 
7. Garam sedikit

Cara Membuat :

1. Haluskan bumbu dengan cara di uleg dan di campur dengan air panas, cicipi dulu sampai pas perpaduan gula dan garamnya.
2. Masukkan semua sayuran dan pelengkapnya, aduk rata, sajikan dengan kerupuk kanji.

Selamat Mencoba ^_^



With Love





post signature

No comments: