Opor Ayam Yogya Komplet



Bismillah

Melihat opornya mbak rika, jadi pengen juga bikin opor. Kebetulan juga zauji minta dibikinkan opor, ini namanya pucuk dicinta, opor pun tiba (eh?).
Setelah lihat-lihat resepnya, mirip-mirip aja dengan resep mbak hesti yang saya biasa buat. Cuma ini pakai telur rebus, ada gula merahnya plus saya tambahin lagi kentang. Nah jadi benar-benar komplet. Bagian yang lucunya, ayamnya itu sayap semua. Zauji memang beli sebungkus ayam isinya sayap tok. Katanya lagi promo gitu. Lha, lucu aja rasanya dibikin opor, serasa ada yang kurang. Hohoo, kan opor itu enaknya yang banyak daging. Masih ada sisa sebungkus ayam lagi, yang juga sayap semua, kayaknya bakal saya buat broast aja (ayam goreng tepung).

Ini resepnya ya, saya contek dari blog mbak rika. Makasi ya mbak, selalu menginspirasi dan selalu memberikan info dan kritik saran buatku, dari soal cooking and baking, dan juga soal motret. Senang ada teman bicara dan berbagi.

Oh ya pembaca dapur comel, ada yang beda nggak dengan dapur comel selma? Yup, ada logo baruuuu...hihii. Cantik nggak logonya? Ceritanya, tiba-tiba ada inbox dari seorang teman di facebook, menawarkan logo buat dapur comel selma ini. Gratis lagi. MasyaAllah baik banged ya. Mbaknya juga sabar banged meladeni permintaanku yang ini dan itu, dan alhamdulillah jadi juga logonya, senang sekali. Tuh lihat, udah tampil kan logo cantiknya di foto si opor, ikutan narsis juga ceritanya. Karena saya suka cake, bunga dan warna pink, semua berpadu di logonya. Simpel tapi suka. Semoga blog ini terus berkembang, dapat bermanfaat buat membantu teman-teman memasak dan menyajikan cemilan buat orang-orang terkasih. Siapa tau juga, bisa jadi inspirasi para bakul kue. Aamiin. Semoga ya. Keep spirit, insyaAllah.


Resep Opor Ayam Yogya Komplet
Sumber: Rika Oktianti - Tim Dapur Demedia - Kumpulan Resep Sepanjang Masa

Bahan :

1. 1/2 ekor ayam, potong 6 bagian
2. 4 butir telur rebus, kupas
3. 2 buah kentang, kupas dan potong-potong
4. 1 buah jeruk nipis, ambil airnya
5. 3 sdm minyak untuk menumis
6. 4 cm lengkuas memarkan
7. 4 lembar daun salam
8. 3 batang serai, memarkan
9. 700 ml santan cair
10. 1 sdm gula merah
11. 400 ml santan kental
12. 1/2 sdt air asam jawa

Bumbu Halus:

1. 8 butir bawang merah
2. 6 siung bawang putih
3. 1 sdt ketumbar
4. 1/4 sdt jinten
5. 1/2 sdt merica
6. 2 cm jahe
7. 4 butir kemiri
8. 1 sdm garam
9. Penyedap jika suka 

Cara Membuat:

1. Lumuri ayam dengan air jeruk nipis, diamkan selama 15 menit. Bilas hingga bersih. Tumis bumbu yang dihaluskan bersama lengkuas, daun salam dan serai sampai harum dan matang. Masukkan ayam, aduk sampai ayam kaku.
2. Tuangkan santan cair, lalu tambahkan gula merah dan kentang, masak sampai ayam setengah matang. Masukkan santan kental, air asam jawa dan telur rebus. Masak dengan api kecil sampai ayam matang dan kuah mengental. Angkat. Beri taburan bawang goreng.

Selamat Mencoba ^_^

With Love







post signature

No comments: