Cake Lapis Pandan Ketan Hitam



Bismillah


Udah dari zaman kapan gitu pengen bikin cake lapis pandan ketan hitam ini. Kebayang kan enaknya perpaduan pandan sama ketan hitam. Ditambah lagi saya penggemar kelas berat ketan hitam dan olahannya.
Sayang lupa terus bikinnya. Udah ada jadwal bikin kue yang lain. Hehee. Sampai dibikin list sendiri, jajaran kue yang mau dibikin dalam waktu dekat.



Kok tiba-tiba keingat bikin cake ini setelah sekian lama? Ceritanya pas sakit kemari itu, pengen kali makan bubur ketan hitam. Ya Allah pusinglah ya mau cari dimana. Ketan hitamnya si ada jual di Asean Centre tapi nggak ada yang bikin burketamnya. Akhirnya terpaksa menahan keinginan ini sampai batas waktu yang tidak ditentukan karena zauji lupa terus beli ketan hitamnya setelah saya sudah pulih dan bisa masak. Iseng aja sih, kenapa nggak bikin cake ketan hitam aja. Daripada ngiler ketan hitam nggak kesampaian. Kebetulan tepungnya masih banyak. Akhirnya bikin lagi. Bismillah coba bikin cake lapis ini buat kedua kalinya. Pertama kali nyoba gagal. Hehee. Hasilnya jelek
Kayaknya mixernya kurang lama jadi adonan turun. Kali ini pelan-pelan dan konsentrasi. Padahal sebenarnya cake ini mudah dan nggak tricky. Cuma saya sering sekali kalau bikin sesuatu kurang konsen dan berakhir gagal. Alhamdulillah percobaan kedua ini sukses. Cakenya lembut dan lembab khas cake kukus. Mengembang. Saya suka sekali. Enak. Sebagian dikirim buat adik dan adik ipar. Saya malah nyomotin bagian ketan hitamnya dulu baru kemudian yang pandan saking pengennya makan ketan hitam..hehe. Ini ya resepnya.


Resep Cake Lapis Pandan Ketan Hitam

Bahan I :

1. 3 butir telur
2. 125 gram gula pasir
3. 175 gram tepung ketan hitam
4. 1/4 sdt garam 
5. 75 ml minyak goreng
6. 100 ml santan kental
7. Minyak goreng secukupnya

Bahan II :

1. 3 butir telur
2. 125 gram gula pasir
3. 140 gram tepung terigu
4. 1/2 sdt vanili bubuk
5. 1/4 sdt garam 
6. 100 ml santan kental
7. Pasta pandan secukupnya

Cara Membuat :

1. Siapkan loyang,  alasi dengan kertas roti lalu oles dengan margarin. Sisihkan.
2. Bahan I : Kocok telur dan gula hingga kental berjejak. Masukan tepung ketan dan garam aduk hingga rata.
3. Tambahkan minyak dan santan, aduk kembali. Tuang adonan ke dalam loyang hingga setengah tinggi loyang. Kukus selama 15 menit.
4. Bahan II : Kocok telur dan gula pasir hingga kental berjejak (proses mengocok dimulai ketika adonan I telah dikukus selama 10 menit.
5. Masukkan tepung terigu, vanili, garam, dan santan, aduk rata. Tuang pasta pandan, aduk kembali.
6. Tuang adonan di atas adonan I, kukus kembali selama 30 menit hingga matang. Angkat. Keluarkan dari loyang. Potong-potong dan sajikan.

Selamat Mencoba ^_^


With Love





post signature

No comments: