Dadar Gulung Coklat Belang dan Green Tea



Bismillah

Ada sisa kelapa parut dan gulmer yang lumayan dari bikin kue kekupa dan jaje bendu kemarin. Bingung juga kalau dibiarkan kelamaan nginep di kulkas. Mau bikin yang unik-unik rada malas. Jadi balik bikin dadar gulung aja.
Udah sering ya kayaknya saya bikin dadar gulung. Tapi belum pernah yang rasa coklat. Sekalian juga bikin rasa green tea karena stok bubuk green tea nya masih banyak padahal bentar lagi mau expired.

Lumayan lelah juga membuat dadar gulung sambil momong ruqayyah. Plus udara yang panas. Kebayang deh ya serasa di sauna. Hihihi. Makanya kalau bikin sesuatu saya prefer bikin cake aja. Sebentar cap cus mixer abis tu udah dipanggang dan bisa ditinggal. Kalau bikin dadar gulung begini harus mantengin teflon terus. Hehe. Eh lagi sibuk membuat kulit dadar gulungnya, eh gagang teflonnya patah. Udah usianya ya kayaknya. Minta diganti #kerling zauji. Tapi tetap dilanjutin hingga selesai. Saya buat dua kali resep. Satu resep yang rasa coklat. Satu resep lagi green tea dan pewarna ungu. Isinya unti aja. Pengen besok-besok diisi pisang coklat, pasti enak de.


Resep Dadar Coklat dan Green Tea
Sumber: Diah Didi
Modifikasi: Dapur Comel Selma

Bahan:

1. 150 gram tepung terigu protein sedang 
2. 425 ml susu cair  tawar
3. 50 gram gula halus 
4. 1/4 sdt garam
5. 1 sdm coklat bubuk (untuk yang green tea diganti bubuk matcha)
6. 1/2 sdt coklat Pasta (untuk yang ungu diganti pewarna ungu)
7. 1/4 sdt vanili bubuk
8. 1 butir telur, kocok lepas
9. 1 sdm minyak goreng / margarin leleh 

Bahan Isi :

Enten. Resep bisa lihat disini.

Cara Membuat :

1. Ayak tepung terigu. Tambahkan gula halus, telur, susu cair dan vanili bubuk. 
2. Aduk rata. Saring agar adonan halus dan licin. Bagi adonan menjadi dua bagian. Satu bagian biarkan putih dan satu bagian tambahkan coklat bubuk dan coklat pasta. Saring lagi.
3. Panaskan wajan dadar ukuran sedang. Masukkan adonan putih ke dalam piping bag. Bentuk garis-garis, tunggu mengering lalu tuang adonan coklat. Buat dadar adonan tipis-tipis. Lakukan sampai adonan habis. 
4. Ambil selembar dadar coklat, isi dengan enten. Lipat dan gulung dengan rapi.


Tips :

1. Agar kulit dadar gulung berlubang lubang cantik, panaskan dahulu pan dadar sampai benar benar panas.
2. Jika ingin lebih rapi dan cantik dalam penyajian, dadar gulung bisa di bungkus plastik satuan, di beri hiasan keju parut /  slice dan manisan cheri yang di potong kecil kecil.

Selamat Mencoba ^_^

With Love







post signature

No comments: