Es Delima





Bismillah

Salah satu es yang paling kusuka itu, es delima, kami menyebutnya begitu. Mungkin karena ada pacar china yang mirip delima warnanya.
Enak dan segar. Biasa sering lewat depan rumah. Karena kemarin buat bubur sumsum ada yang pandan juga, sekalian buat untuk es delima aja. Jadi isi es delima ini ada candil, bubur sumsum pandan dan pacar china pink, disirap sirup gula merah dan santan. Tak lupa es batunya ya. Segar deh. Resep bubur sumsumnya udah saya share kemarin. Kalau pacar chinanya tinggal rebus di air mendidih yang diberi warna pink hingga bening. Ini resep candilnya. Candilnya tanpa larutan buburnya. Cuma bolanya aja.



Resep Candil
Sumber: Diah Didi

Bahan bola bola candil :


1. 100 gram tepung ketan
2. 1 sdm tepung tapioka
3. 1/4 sdt garam
4. 100 ml air ( secukupnya..sampai adonan agak lembek tapi masih bisa di pulung )

Bahan kuah untuk merebus :

1, 100 ml sirup gula merah, atau gula merah biasa secukupnya di sisir.
2. 500 ml air

Cara Membuat :

1. Campur tepung ketan dan tepung tapioka bahan candil, tuangi air panas secukupnya, sampai agak lembek..tapi masih bisa di pulung. Masak kuah guka merah hingga mendidih, masukkan bola  bola candil.
2. Masak hingga bola bola mengapung, dan masak terus hingga warna bola2  berubah kecoklatan. 

Resep Es Delima
Sumber: Dapur Comel Selma

Bahan:

1. Bubur sumsum pandan secukupnya, resep disini
2. 200 gram pacar china, rebus dengan air warna pink hingga bening
3. Bola-bola candil
4. Sirup Gula Merah
5. Santan sedang, rebus hingga mendidih
6. Es batu

Cara Membuat:

1. Campur semua bahan isi, tuang sirup gula merah dan santan
2. Sajikan dengan es batu.

Selamat Mencoba ^_^








2 comments:

Cumilebay MazToro said...

Pake santan dan gula merah yaaa ??? aku ngak suka, bisa di ganti aja ngak sirup nya hahaha

selma alan said...

Bisa aja..ganti dengan skm da sirup coco pandan. Tapi ya nggak otentik lagi rasanya. Hehe