Kue Lumpur Rainbow dan Pukis Rainbow




Bismillah


Hari ketiga mahrojan saya menyumbang kue lumpur dan pukis. Karena tema hari itu yang ceria, maka warnanya sengaja dibikin warna warni aka rainbow walaupun nggak full rainbow si.
Kue lumpurnya warna merah , kuning, hijau dan coklat. Soalnya mau warna biru rada gimana gitu, kok jadi serem..hihi. Pukisnya warna merah, putih, hijau, coklat dan ungu. Ada yang toping keju dan ada yang coklat. Enak bersarang alhamdulillah. Kue lumpurnya juga enak kata zauji. Lembut dan berasa kentangnya. Resepnya mbak ricke semuanya. Memang masyaAllah.

Lumayan meletihkan juga membuat kue dalam porsi banyak seperti ini. Padahal cuma buat 100 aja. Tapi mungkin karena capek sambil diselingi tangis ruqayyah juga. Alhamdulillah pas dah selesai adik ipar datang bantu packing dan menghias. Habis itu tepar. Hihi. Salut masyaAllah dengan bakul kue yang bisa bikin kue banyak dan tetap bagus hasilnya. Manajemen waktu dan udah terbiasa sepertinya. Saya membuat dua kali resep kue lumpur dan kue pukis untuk 100 kue.


Resep Kue Lumpur Rainbow
Sumber: Ricke Indriani
Modifikasi: Dapur Comel Selma

Bahan:

1. 200 gram kentang kukus, haluskan (berat kentang setelah dikukus)
2. 250 ml air
3. 75 gram margarin
4. 150 gram terigu protein sedang, ayak
5. 150 gram gula pasir
6. 1/4 sdt garam
7. 6 butir telur
8. 400 ml santan, masak dengan daun pandan hingga mulai mendidih, dinginkan (agar kue tidak cepat basi)
9. 2 lembar daun pandan, sobek-sobek
10. 1/2 sdt vanili bubuk
11. 1-2 sdt pewarna merah, kuning, hijau dan coklat
12. Kismis untuk topping


Cara Membuat:

1. Panaskan air, margarin, garam dan gula pasirhingga mendidih. Matikan api. Masukkan terigu. Aduk rata. Nyalakan kembali api kecil, aduk-aduk hingga kalis dan tidak menempel di panci. Angkat. Masukkan gula pasir dan vanilli bubuk. Aduk rata.
2. Pindahkan adonan terigu ke wadah yang besar. Masukkan kentang halus. Campur rata. Biarkan agak dingin.
3. Tambahkan telur satu persatu sambil dikocok rata (bisa menggunakan mixer kecepatan rendah atau hand whisk) hingga semua telur habis.
4. Tuang santan sedikit demi sedikit sambil dikocok rata dengan mixer atau hand whisk. Bagi adonan menjadi 4 bagian dan beri pewarna. 
5. Panaskan cetakan kue lumpur. Olesi sedikit minyak goreng atau margarin. Tuang adonan ke dalam cetakan. Tutup sebentar hingga adonan setengah matang. Beri kismis. Tutup kembali dan masak hingga kue matang dan permukaan kue sudah tidak lengket/basah lagi. Angkat.

Selamat Mencoba ^_^


Tips:

- Jika mau diganti umbi lain, bisa saja, ganti kentang dengan umbi lainnya dengan jumlah yang sama. Misalkan kue lumpur ubi ungu, kue lumpur labu kuning, dsb.
- Saat menuangkan santan ke dalam adonan, lakukan sedikit demi sedikit secara bertahap. Agar adonan terigu+kentang bisa menyatu dengan baik dengan santan. Tuang sedikit, kemudian diaduk rata. Tuang lagi sedikit, aduk rata lagi. Lakukan hingga semua santan habis.


Resep Pukis Rainbow
Sumber: Ricke Indriani

Bahan:

1. 250 gram terigu protein tinggi (Cakra Kembar/Bread Flour)
2. 150 gram gula pasir
3. 3 butir telur
4. 1 sdt emulsifier (SP/TBM/Ovalette) ~ Optional
5. 1/2 sdt essence vanilla
6. 1/4 sdt garam
7. 1 sdt ragi instant/yeast (Fermipan/Saaf Instant)
8. 350 santan sedang kentalnya (aku pake Kara ukuran 200 ml ditambah air hingga volumenya 350 ml)
9. Pewarna merah, coklat, hijau dan ungu
10. 65 gram margarin, lelehkan, dinginkan
11. 50 ml susu kental manis putih
12. Meses dan keju untuk toping

Cara Membuat:

1. Ayak terigu. Sisihkan.
2. Masak santan hingga mendidih. Sisihkan.
3. Kocok telur, gula pasir, emulsifier dan garam hingga MENGEMBANG, KENTAL dan KAKU berwarna PUTIH dengan mixer kecepatan tinggi. Masukkan essence vanilla. Kocok rata.
4. Turunkan kecepatan mixer hingga kecepatan paling rendah (speed 1), masukkan 1/3 bagian terigu dan kocok rata sebentar. Masukkan 1/2 bagian santan. Kocok rata lagi. Begitu berselang seling terigu dan santan dan akhiri dengan terigu. Matikan mixer.
5. Masukkan ragi instant. Aduk rata dengan spatula.
6. Masukkan margarin cair sedikit demi sedikit. Aduk rata dengan spatula.
7. Terakhir masukkan susu kental manis. Aduk rata dengan spatula.
8. Diamkan selama 20-30 menit. Bagi menjadi 5 bagian dan beri masing-masing pewarna.
9. Panaskan cetakan kue pukis yang telah dioles minyak/margarin dengan api sedang. Setelah panas, kecilkan api (pakai api keciiil aja).
10. Tuang adonan setinggi 3/4 tinggi cetakan. Tutup sebentar biarkan setengah matang, taburi topping selagi permukaan masih agak cair tengahnya. Tutup kembali dan masak sampai matang dan permukaan kering.
11. Angkat dan keluarkan dari cetakan. Panas-panas oles/semir permukaan kedua sisi kulit pukis dengan margarin. Tujuannya agar kulit pukis tidak kering dan mengeras setelah dingin. Sajikan.

Selamat Mencoba ^_^


Tips:

- Jika ingin pukis lebih awet (tidak cepat asem), rebus dulu santan hingga mendidih pertama kali. Angkat dan dinginkan.
- Sebelum adonan pukis dituang, aduk sambil dikeplok-keplok dengan menggunakan sendok sayur untuk mengurangi gelembung udara berlebihan dalam adonan yg menyebabkan permukaan kue pukis bolong-bolong besar.
- Tuang adonan dengan bantuan gelas ukur agar lebih mudah dan tidak belepotan.
- Setelah dingin simpan kue pukis dalam wadah yang tertutup rapat.


With Love








post signature

2 comments:

Inas Basymeleh said...

Huaaa mba Selma MasyaAllah.. Ana nggak sanggup kayaknya buat sebanyak itu hiks hiks.. Barakallahu fik mba Selmaa 👍

selma alan said...

Hehee iya inas..ana aja buatnya sampai sakit pinggang..hihi..demi mahrojan ceritanya...wa barokallahu fik inas