Lapis Singkong atau Ongol-ongol Singkong




Bismillah


Mengolah singkong lagi ni. Kata zauji, menimbun singkong di freezer karena lihat singkong yang lumayan banyak gak diolah-olah.
Saya olah jadi tiga variasi, lapis singkong atau ongol-ongol, misro dan wingko singkong. Lapis singkong ini pernah bikin beberapa kali, tapi belum puas dengan teksturnya, belum mirip yang dijual-jual, kurang lembut. Misro juga pernah bikin tapi agak gagal gitu karena malah jadi kriuk-kriuk. Sekarang agak berkorban memarut singkongnya yang "telaten sampai halus" dan alhamdulillah jadi lapis singkong yang lembut dan kenyal. Senang dong ya tentunya, soalnya dah sering bikin, ini yang mantep hasilnya. Cuma karena pakai 200 gram aja, jadinya lapisya nggak tinggi. Di resepnya pakai 1 kg singkong, eh saya buat seperlimanya. Maklum singkong disini mahal, sayang sekilo buat begini aja. Insya Allah pulang nanti puas-puas mengolah singkong, mau bikin cenil singkong, sentiling nenas, dan sebagainya.





Resep Ongol-ongol Singkong - Lapis Pelangi
Sumber: Catatan Nina

Bahan:

1. 1 kg singkong (aku pakai berat setelah dikupas) 
2. 300 ml santan 
3. 1,5 bungkus agar-agar bubuk putih 
4. 200-250 gram gula pasir 
5. 1/2 sdt garam 
6. 1/4 sdt vanili bubuk 
7. 1 tetes pasta pandan 
8. 1 tetes pasta strawberry (bisa juga pakai pewarna hijau dan merah) 

Taburan : 

1. 1/4 butir kelapa, parut 
2. 1/4 sdt garam 
3. 1/4 sdt vanilli bubuk (campurkan dan kukus selama kurleb 10 menit) 

Cara Membuat : 

1. Parut singkong yang telah dikupas, kemudian peras airnya (jangan terlalu kering ya). Sisihkan. 
2. Panaskan kukusan dan siapkan loyang (aku memakai loyang tulban 20x10 cm, bisa juga memakai loyang 16x16 cm), oles dengan minyak goreng dan alasi dengan plastik. Sisihkan. 
3. Campurkan agar-agar bubuk, garam dan vanilli dengan gula pasir, aduk rata dan tuang ke dalam singkong parut. Aduk rata kembali. -
4. Tuang santan sedikit demi sedikit, aduk rata. 
5. Bagi menjadi 3 bagian sama banyak, 1 bagian beri pewarna merah, 1 bagian beri pewarna hijau dan 1 bagian biarkan putih. 
6. Tuang adonan merah ke dalam loyang, ratakan dan kukus selama 15 menit. Tuang adonan putih, ratakan dan kukus lagi 15 menit. Kemudian tuang adonan hijau, ratakan dan kukus 30 menit hingga matang. 
7. Angkat dan biarkan hingga benar-benar dingin. 
8. Setelah dingin, keluarkan dari loyang, potong-potong sesuai selera dan taburi dengan kelapa parut kukus. 

Selamat Mencoba ^_^




With Love





post signature

No comments: