Mahrojan Budaya Universitas Islam Madinah




Bismillah


Mahrojan budaya di madinah hadir lagi. Ini mahrojan keenam dan mahrojan kedua saya disini.
Dulu sempat ikut tapi nggak berpartisipasi. Tahun ini saya ikut andil sebagai wakil ketua dari ummahat madinah. Ummahat membantu dalam menyediakan dan menyajikan makanan. Alhamdulillah tim ummahat kompak dan solid. Terbukti stand indonesia meraih juara 5 di sesi akhwat pada hari jum'at dan alhamdulillah indonesia meraih rangking 9 diantara banyak negara. Alhamdulillah.



Mahrojan atau festival budaya ini diadakan setahun sekali dengan mengikutsertakan banyak negara untuk memperkenalkan kebudayaannya kepada warga madinah. Diadakan di kampus zauji, Universitas Islam Madinah selama lima hari dari tanggal 29 maret hingga 2 april. Festival ini sungguh meriah. Semua berpartisipasi dengan antusias. Apalagi hadiah yang ditawarkan cukup besar, berupa mobil Toyota Corolla seharga SR 70.000. MasyaAllah tidak tanggung-tanggung ya sepertinya. Tapi walaupun tanpa hadiah yang besar itu, semua bersuka ria memperkenalkan budaya di negerinya. Dengan adanya momen ini sekaligus pengobat rindu akan tanah air. Puluhan negara berpartisipasi hingga negara-negara yang saya belum pernah mengenal kebudayaannya sebelumnya. Menarik masyaAllah.

Setiap pengunjung diberikan sebuah buku yang nantinya akan distempel oleh penjaga stand tiap negara yang dikunjungi. Hari pertama hingga hari ketiga khusus ikhwan atau laki-laki dan hari keempat ba'da maghrib hingga malam serta hari kelima pagi hingga zhuhur untuk akhwat atau wanita. Untuk ini ummahat diminta menyajikan makanan pada waktu pagi dan sore setiap harinya. Kami membagi dua tim, tim untuk sesi pagi dan tim untuk sesi sore. Dalam setiap sesi itu, akan disediakan menu masakan dan kue tradisional untuk dipajang dan untuk dibagikan kepada pengunjung. Tahun ini tema yang dipilih adalah "Pulau Jawa dan sumbangsih jawa terhadap perkembangan dakwah di Saudi Arabia". Walaupun begitu, penyajian makanannya bebas saja, tidak harus berasal dari jawa dan boleh dari daerah lain.


 




Setiap penjaga stand memakai kostum sesuai budaya negara masing-masing. 

Zauji yang kanan :D lol



Hari pertama mahrojan, diadakan unjuk diri atau penampilan khusus dari tiap negara. Ada yang menari khas daerah, ada yang bersajak, dan ada juga yang bernasyid tanpa alat musik. Negara Indonesia menampilkan pertunjukan silat jawa. Penampilannya unik dan keren masyaAllah. Bisa dilihat di video dibawah ini.




--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


INDONESIA

Nggak sabar kan mau tahu gimana sih stand indonesia tahun ini. Ini dia beberapa fotonya. Maklumi kalau kualitas kurang bagus ya. Zauji memotretnya lupa mengatur fokusnya. Jadi rada-rada blur deh. Hehehe. Sesuai dengan temanya yaitu pulau jawa, maka stand indonesia kali ini adalah Joglo, rumah adat jawa yang sederhana lengkap dengan lesehan tempat selonjoran minum teh dan kopi. Cukup unik. 









lesehan
Waktu siap-siap
--Makanan--

Ini dia makanan yang disajikan setiap hari. Kerja keras ummahat yang kompak dan solid. Setiap hari dibagi 7 menu yang terdiri dari satu menu masakan khusus dipajang saja, dan 6 macam kue yang terdiri dari satu piring buat dipajang, dan 50 kue untuk dibagikan. MasyaAllah kerja keras membuat kuenya. Sampai sakit pinggang, hihii. Tapi puas dan senang karena menampilkan yang terbaik. 

Hari pertama pagi: Gulai kambing, dadar gulung, bakwan dan klepon
Hari pertama sore: Gudeg komplet, putu ayu, bakwan jagung, rolade, klepon, onde-onde dan pastel
Menu buat sore memang kelihatan lebih banyak karena memang susah sekali harus menyediakan kue di pagi hari sekitar jam setengah 7 pagi karena mesti bergadang semalaman menyiapkan kuenya. Maklum saja, ummahat pada punya krucil semua, hehee.


Hari kedua pagi: Bakso malang, pastel, puding nasi, dan dadar gulung
Hari kedua sore: Rawon, perkedel kentag, lumpia dan sarag semut
Hari ketiga adalah hari khusus, spesial dibandingkan hari yang lain. Malamnya diadakan lomba menu terbaik setiap negara. Kami menyajikan tumpeng, bolu batik, bolu gulung batik dan garnis buah khas indonesia. Namun sayang sekali, terjadi sedikit missunderstanding, sehingga menu indonesia sepi sekali dibandingkan negara lain. Kami tidak tahu kalau setelah dilombakan makanan akan dicicipi pengunjung dan menyangka hanya dinilai juri saja.






Tak lupa menu pagi dan sorenya tetap. Menu paginya rendang dan acar, bolu kukus mekar rainbow, bubur kacang hijau, tahu isi dan putu ayu.





Dan untuk sore harinya ada pempek palembang, kue lumpur rainbow, kue pukis rainbow, bakwan dan lumpia. Alhamdulillah saya menyumbang kue lumpur dan pukis, lumayan sakit pinggang juga buat kue 100 biji sendirian. Karena menu lomba buat malam sedikit, jadi menu sore ini dipindahkan juga ke meja lomba khusus.



Nah, karena kecewa dengan hari kamis, hari jum'at ummahat habis-habisan deh. Masih penilaian khusus buat akhwat. Kami memilih tema merah putih. Ada tumpeng merah putih, ayam kodok merah, buah garnis, puding, roti jala, cenil, getuk, klepon dan martabak manis yang serba merah putih, sampai menu lauk pelengkapnya, seperti sate, semur, ayam panggang dan kue seperti ketan serundeng, putu ayu, pastel, tempe mendoan, pokoknya full. Saya menyumbang cenil dan klepon, tapi nggak porsi banyak seperti kemarin. Beberapa ummahat menjadi pagar ayu lengkap dengan kostum ala jawa. Alhamdulillah kami meraih juara lima. Kesalahannya hanya karena kami tidak memiliki pertunjukan seperti negara lain. Tapi nilai plus dari makanan. Menurut saya, kalau yang dinilai makanan kami bisa juara, beneran. Karena stand lain makanannya sedikit dan nggak beragam.




Masih semangat, hari terakhir walaupun stand lain udah kosong, stand indonesia masih full makanan, masyaAllah tabarokallah. Ummahat indonesia memang loyal dan baik hati, hehe, Tu bisa dilihat ada puding telor ceplok, bihun goreng, aneka kerupuk, kue lapis, martabak mini, buah-buahan dan gorengan. Siapa yang nggak ngiler ya.


Makanan yang dibagikan untuk pengunjung diletakkan di nampan besar dan pengunjung dipersilahkan mengambil dua kue beserta satu gelas teh khas indonesia. Untuk hari kamis, paginya disediakan wedang uwuh, dan sorenya disajikan es buah, seger deh.



 

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Setelah puas dengan stand indonesia, yuk jalan-jalan ke negara lain


ALBANIA


Negara musim dingin di albania, lengkap dengan perapian hangat dan ada sumur unik khas negara tersebut.




 

BANGLADESH

Warga bangladesh termasuk mayoritas di madinah. Tahun lalu negara ini meraih juara tiga dan tahun ini naik jadi juara dua, masyaAllah. Standnya bagus dan lengkap. Plus becak yang unik. Pas sesi akhwatnya mereka membawa para juri berkeliling naik becak, lucu deh. Untuk sesi akhwat mereka meraih juara 6.





becak bangladesh

CHINA

Stand china ini cukup menarik ya, dengan hiasan naga dan lampion merahnya. Serba merah. Unik. Tapi sayang nggak masuk 15 besar. Munkin karena tidak adanya kostum dan makanan yang disajikan. Padahal makanan china kan enak-enak. 






KAMBOJA

Salah satu stand yang unik lagi ni, bentuk bangunannya khas banged. Trus ada macam-macam senjata imitasi yang dipajang. Lucu. Pakaian kostumnya juga unik, dengan topi ala petani. 





MALAYSIA

Negara jiran, lihat deh wajahnya melayu banged, hihii. Standnya menyerupai rumah adat melayu dengan makanan khas melayu juga. Bajunya ya teluk belanga. Jadi rindu kampung.


MALI

Kurang tahu juga negara ini letaknya dimana ya. Tapi desainnya keren. Dan meraih juara tiga lho. Sayang nggak kefoto bagian dalamnya.


MYANMAR

Negara myanmar standnya juga unik banged lho. Bagian atasnya seperti undakan  dan dalamnya juga lucu-lucu. Kostumnya juga unik, pakai kumis pak raden, hihi.




PAKISTAN

Perpaduan warna hijau dan putih lengkap dengan miniatur pesawat tempurnya. Keren.






PALESTINA

Menampilkan bangunan menyerupai benteng bertuliskan masjid aqsa. Tak terasa meleleh air mata ini. Sedih. Teringat perjuangan muslim di palestina mempertahankan negerinya. Terdapat televisi layar datar yang menampilkan keadaan negeri palestina.




PANTAI GADING

Standnya unik dengan dominasi warna biru menyerupai pantai dan laut. Ada juga miniatur yang lucu.




SAUDI ARABIA

Menyerupai benteng dan ada miniatur ka'bahnya.




TAJIKIZTAN

Ini dia juara bertahan dua tahun berturut-turut. Dekorasinya memang selalu unik dan nyaman banged buat leyeh-leyeh. Kostumnya juga bagus. Belum lagi makanannya banyak. Walaupun cuma dipajang aja. Memang yang paling loyal itu stand indonesia deh.






THAILAND

Negara tetangga lagi ya, Standnya khas bentuk rumah adat dengan tulisan huruf thailand.



YAMAN

Standnya megah sekali masyaAllah, kreatif. Sayang lagi nggak keambil foto dalamnya.




YUNANI

Konsepnya lucu, serba es gitu dengan foto pemandangan yang memukau lengkap dengan miniatur yang khas.






Hampir seluruh standnya bagus dan unik ya. Yang membuat indonesia bisa meraih juara 9, saya perkirakan dari makanan yang lengkap dan selalu ada. Serta loyal membagikan makanan ke pengunjung. Banyak stand bagus seperti china, pantai gading, kamboja dan sebagainya yang tidak ada makanan atau sedikit. Belum lagi kebanyakan stand tutup pas sesi akhwat. Mungkin karena ummahatnya yang sedikit ya. Karena kalau dilihat dari stand, indonesia kalah dari segi tempatnya yang sempit dan penerangan yang mining atau remang-remang. Mudah-mudahan next time bisa diperbaiki. Nggak menutup kemungkinan indonesia bisa juara satu. Karena kelemahan stand indonesia dari dekorasi, kostum dan penampilan. Kalau segi makanan udah juara deh, banyak dan unik. Semoga tahun depan bisa berpartisipasi lagi. Aamiin.


NOTE:

Foto tanpa logo dapur comel selma diambil oleh panitia mahrojan atau ummahat. Bukan foto saya.



With Love






post signature

2 comments:

Inas Basymeleh said...

MasyaAllah mba Selma kereeeen lengkap bangeeeet πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘ barakallahu fik.. Semoga tahun depan indonesia bisa menang aamiin... Jazakillahu khairan ceritanya mba Selma πŸ‘πŸ‘πŸ‘

selma alan said...

Aamiin...semoga ya inas...hehe banyak blur nya foto kk...yang ambil zauji soalnya..hehee..ada juga foto inas disini ya...izin share ya. Jazakillahu khairan