Misro Isi Gula Merah dan Balut Besta



Bismillah

Olahan kedua si misro ini. Sebelumnya pernah bikin malah gurih kriuk, karena marut singkongnya kasar, jadi agak ambyar.
Sekarang karena sudah sabar memarut singkong sampai pegal, hasilnya juga memuaskan. Padahal bikin misro ini gampang insyaAllah. Saya dulu kalau ke warung disuruh beli kue dari singkong, milihnya cenil sama misro ini. Nah ada yang lebih saya suka dibandingkan misro, temannya misro tapi saya nggak tahu namanya. Persis misro, cuma kue ini nggak diisi gula merah, tapi dibalut besta seperti getas, perpaduan misro dan getas. Jadi saya bilang misro balut besta aja ya. Kalau ada teman-teman yang tahu namanya, boleh ni diberi tahu saya, penasaran asli. Nah yang misro balut besta ini saya lebih suka ketimbang yang isi gula merah. Ternyata zauji juga sama, jadi yang kami habiskan yang balut besta dulu, hihi.

Ternyata ngaruuuh banged ya, kalau singkongnya diparut halus, sama kayak ongol-ongol yang jadi kenyal dan lembut kalau diparut halus. Nggak keras. Kalau misro ini jadi bagus penampakannya, mudah dibuat dan mudah digoreng. Misro ini jajanan khas jawa, tapi walaupun begitu nggak susah dijumpai dimana-mana, buktinya di pekanbaru juga ada kan ya. Oke de, ini resepnya, simpel insyaAllah. 

udah dibesta, dikasi gula bubuk lagi supaya double manisnya, hihi


Resep Misro
Sumber: Diah Didi

Bahan :

1. 500 gram singkong, parut
2. Kelapa ½ butir ,bersihkan kulitnya, parut
3. Garam secubit
4. Gula merah untuk isian secukupnya

Cara Membuat:

1. Campur singkong parut,kelapa dan garam, aduk rata.
2. Bentuk bulat dan isi tengahnya dengan gula merah,lalu goreng hingga kuning keemasan.
3. Jika singkong terlalu berair,peras sedikit untuk mengurangi kadar airnya, jika sudah keset singkongnya tidak perlu.
4. Kalau yang pakai besta, nggak usah diisi gula merah, tapi setelah digoreng, masak gula pasir dan sedikit air hingga berambut, lalu masukkan misro, aduk hingga terbalut besta dan dinginkan.

Selamat Mencoba ^_^

















post signature

No comments: