Mochi Ice Cream with Matcha




Bismillah

Es kriiiim..seger banged di awal-awal musim panas begini. Enak. Apalagi kalau es krim dalam mochi. Dapat segarnya, dapat kenyal dan lembut dari mochinya. Unik.


Beberapa waktu yang lalu pernah buat juga sama adik ipar di rumahnya. Idenya memang dari dia. Saya aja kaget kok ada mochi es krim. Katanya si lihat-lihat di youtube. Akhirnya kami iseng bikin mochi es krim pakai resep mochi yang biasa saya buat dan gagal...huahuaa...es krimnya meleleh. Nggak tahu cara membuat yang tepat.

Dan ketika nonton video membuat bolgul rainbow eh ketemu video mochi es krim ini. Wah kebetulan ya. Ternyata ada metode khusus. Gampang si sebenarnya. Ribet sedikitlah dari yang biasanya. Tapi kalau nggak tahu bisa gagal kayak kemarin itu..hihi.

Ini saya share video cara membuatnya ya. Tapi saya nggak pakai resep di video ini tapi resep ini. Semoga sukses juga ya teman-teman. Enak lho apalagi buat penggemar mochi.

Oh ya saya kan pakai es krim green tea yang masih nyisa. Dan kulitnya pun mochi green tea. Full matcha. Enak cuma nggak kelihatan. Mungkin kalau warna harusnya dibuat kontras sehingga kelihatan es krimnya. InsyaAllah pengen buat lagi.




Resep Mochi Ice Cream with Matcha
Sumber: Baca Terus

Bahan:

1.  50 gram tepung beras ketan 
2. 100 ml air putih matang
3. 100 gram gula
4. 2 sdt vanila bubuk
5. Matcha ice cream secukupnya
6. 1 sdt matcha bubuk, larutkan dengan sedikit air
7. Tepung kanji seperlunya.

Cara Membuat:

1. Siapkan sebuah panci lalu campurkan tepung beras ketan, gula, vanila bubuk, dan air sedikit demi sedikit. Sambil memasukan bahan-bahan tersebut, aduk-aduk agar tercampur secara merata.
2. Selanjutnya masak adonan tersebut dengan menggunakan api sedang sambil tetap terus dilakukan pengadukan. Pastikan bahan tersebut sudah mengental dan terasa lengket. Kemudian siapkan sebuah bidang datar dan taburi dengan menggunakan tepung kanji. Taburan ini berguna agar nantinya adonan kue mochi tidak lengket di bidang datar tersebut.
3. Setelah itu, tuang adonan tepung beras yang telah kita olah tadi ke dalam bidang datar tersebut. lalu taburi tepung kanji di atasnya lagi. Selagi masih panas, giling adonan tersebut dengan pengiling roti dengan tingkat ketebalan 2-3 mm. Jika sudah diamkan hingga dingin.
4. Apabila adonan kue mochi tersebut telah dingin, maka ambil dan potong dengan bentuk bulat pipih berdiameter sekitar 4 cm. Agar lebih mudah dan rapi bagi terlebih dahulu adonan tersebut sebanyak 10 bagian.
5. Kini bentuk es krim menyerupai bola-bola kecil, kemudian agar mengeras letakan es krim tersebut dalam lemari pendingin selama beberapa menit. Selanjutnya ambil 1 adonan kue mochi pipih dan 1 bulatan es krim yang sudah mengeras.
6. Letakan es krim tersebut di atas adonan mochi lalu tutup atau lipat adonan kue mochi tersebut hingga semua bagian es krim tidak terlihat. Lakukan hingga adonan kue mochi dan es krim habis. 
7. Terakhir simpan kue mochi tersebut di dalam lemari pendingin selama kurang lebih 30 menitan. Setelah itu sajikan kue mochi selagi masih dingin.

8. Pastikan anda langsung memakan mochi es krim tersebut dan jangan membiarkannya terlalu lama. Pasalnya, es krim yang ada di dalamnya akan mencair dan rasanya jadi tidak enak lagi. Jika tidak ingin langsung memakannya, maka lebih baik simpan di lemari pendingin saja.

Selamat Mencoba ^_^


With Love





post signature

No comments: