Tulumba - Balehsyamبلح الشام‎



Bismillah


Bikin kue khas arab lagi yuk. Maunya seminggu sekali itu ada belajar bikin kue khas arab. Jadi tambah banyak kulinernya yang saya bisa bikin.
Rencananya sih gitu, tapi kadang nggak terealisasi karena lupa. Yang cookimg class kemarin bikin nasi mandi sampai sekarang belum ada coba bikin, hehe.



Kali ini kue yang saya bikin adalah salah satu kue arab yang paling saya suka. Namanya aslinya dari bahasa turki tulumba tatlısı, karena memang sebenarnya berasal dari turki. Tapi dikenal juga sebagai balehsyam - بلح الشام‎ di arab. Merupakan menu yang diturunkan dari Kerajaan Ottoman. Tulumba atau balesyam ini mirip dengan churros tapi lebih montok dan pendek. Dan adonannya direndam di air gula sehingga rasanya manis, kadangkala teramat manis. Resep yang saya buat ini alhamdulillah enak pas manisnya. Bahagia rasanya bisa bikin sendiri kue favorit ini. Cuma belum mirip bentuknya karena nggak ada spuitnya. Kapan ya beli spuit nggak jadi-jadi..hehe.



Pertanyaan terbesar kenapa fotonya malah pakai teko jadul ala indo? Hehe iya karena saya belum ada teko dan cangkir ala arab. Dah mau lima tahun disini tapi malah lupa beli prop ala arab..hehe.

Overall, rasa tulumba ini unik. Gurih sedikit luarnya, manis dan khas persis churros. Enak banged. Buat yuk. Saya contek resepnya dari video di youtube. Gampang karena sekalian tutorial membuatnya. Yang khas dari membuat tulumba ini, adonan dibentuk dan direndam di minyak suhu ruang baru digoreng, jadi mengembangnya cantik. Kapan-kapan mau bikin lagi setelah beli spuit..hihi.



Resep Tulumba - Balehsyam بلح الشام‎
Ditulis: Dapur Comel Selma

Bahan: 

2 cups water
2 tablespoons of butter
3 eggs
2.5 cups flour
1 tablespoons of starch
3 tablespoons semolina
For the syrup
3 cups sugar
2 cups water
a tablespoon lemon juice

Cara Membuat:

1. Masak dua cangkir air, masukkan mentega, tunggu hingga mentega cair.
2. Masukkan tepung terigu, aduk hingga tepung kalis dan tidak menempel di panci. Pindahkan dalam wadah lain, dinginkan.
3. Buat sirup gulanya. Masak air dan gula hingga larut, masukkan air jeruk lemon, sisihkan.
4. Mixer adonan tepung tadi campur dengan tepung maizena dan semolina. Mixer sambil masukkan telur satu persatu hingga lembut,
5. Masukkan dalam pipping bag. Bentuk tulumba dan masukkan dalam teflon yang berisi minyak. Goreng hingga kecoklatan.
6. Masukkan tulumba kedalam sirup gula. Diamkan selama 2 menit. Angkat dan sajikan.

Selamat Mencoba ^_^




With Love







post signature

No comments: