Cake Lapis Es Krim Strawberry dan Nanas



Bismillah

Pengen meramaikan tema cake buah di YKMK, lihat resep ini jadi mupeng. Kebayang enaknya es krim diantara cake. Hmm. Apalagi ada potongan nanasnya.
Beli nanas kalengan aja di baqolah, karena memang susah sekali cari nanas disini. Maklum ya buah tropis memang susah dicari, kalaupun ada mahal pula. Makanya saya hampir nggak pernah mengolah nanas. Nanas kalengan isi 500 gram udah 4 real. Tapi ada segi positifnya, nanasnya udah dikupas. Soalnya saya paling nggak bisa mengupas nanas. Pernah belajar, tapi kok kayaknya ribet sekali. Hehehe jadi malu. 

Cake lapis nanas ini sebenarnya pakai es krim vanilla. Sayang di baqolah nggak ada. Adanya es krim strawberry tok. Mau bikin sendiri, eh malas. Yauda, es krim strawberry aja, enak juga kok. Jadi es krim rasa strawberry dengan potongan nanas. Trus pas udah jadi cakenya, baru nyadar nggak punya loyang ring atau loyang bongkar pasang, adanya yang super mini, yauda, sisa yang dibentuk pakai loyang mini saya taruh di pinggan. Yang penting kan rasanya ya, hehehe. Kapan-kapan kalau dah punya loyang ring bakal nyoba buat lagi. InsyaAllah.

Resep Cake Lapis Es Krim Strawberry dan Nanas
Sumber: Sajian Sedap dengan sedikit modifikasi

Bahan Cake:

1. 5 butir telur 
2. 75 gram gula pasir 
3. 50 gram gula palem 
4. 1/2 sdm emulsifier (sp/tbm)
5. 1 sdm air 
6. 150 gram tepung terigu protein sedang 
7. 1 sdt bumbu spekuk 
8. 75 gram margarin, dilelehkan

Bahan Lapisan:

1. 300 gram es krim (saya strawberry)
2. 200 gram nanas, dipotong kotak
3. 50 gram gula pasir 
4. 3 cm kayumanis 
5. 2 butir cengkeh 
6. 100 ml air 
7. 1 sendok teh tepung maizena dan 1 sendok teh air, dilarutkan untuk pengental

Cara Membuat:

1. Cake: kocok telur, gula pasir, gula palem, emulsifier, dan air sampai mengembang. Tambahkan tepung terigu dan bumbu spekuk sambil diayak dan diaduk rata.
2. Masukkan margarin leleh sedikit-sedikit sambil diaduk perlahan.
3. Tuang di dua buah loyang 22x22x4 cm yang dioles margarin dan dialas kertas roti.
4. Oven 20 menit dengan suhu 190 derajat Celsius sampai matang.
5. Ambil selembar cake yang sudah dirapikan sisi-sisinya. Letakkan di ring 20x20 cm.
6. Lapisan, rebus nanas, gula pasir, kayumanis, cengkeh, dan air sambil diaduk sampai mendidih. Kentalkan dengan larutan tepung maizena. Masak sampai kental. Biarkan dingin.
7. Aduk es krim dengan campuran nanas asal bersemburat. Tuang di atas cake. Tutup dengan cake yang lain. Bekukan dalam freezer.

Selamat Mencoba ^_^


With Love







post signature

No comments: