Cookblog IDFB May 2016 - Middle East - Dolma طولمه




Bismillah


Senang sekali kalau membuat hidangan khas arab dan timur tengah umumnya. Semangat ini muncul setelah ikutan belajar masak-masak sama salah seorang ummahat yang bersedia mengajar kami. Beliau sudah belasan tahun disini. Katanya, mumpung disini, belajar masak masakan sini, nanti kalau di indonesia susah. Susah nyari bahannyalah, susah nyari gurunya lah. Akhirnya keinginan terpendam belajar membuat masakan timteng (Middle East) pun muncul. Setelah cooking class itu, udah beberapa resep yang saya coba. Tapi rata-rata masih cemilan yang ringkas dan mudah serta bahannya pun ada di rumah. Sekarang mari mencoba yang rumit sedikit. Namun tetap simpel untuk dibuat para pemula masak termasuk saya sendiri.

Maka setelah mencari-cari resep, jatuh hatilah saya pada Dolma, masakan khas turki. Unik. Nasi daging berbumbu yang diisi kedalam sayuran --umumnya daun anggur dan paprika, kemudian direbus atau dikukus sehingga sayur pembungkus mengeluarkan aroma khasnya kedalam nasi berbumbu. Tiap sayuran yang berbeda, berbeda pula aromanya. Inilah yang membuat saya jatuh hati, penasaran sekaligus tertarik untuk belajar membuat dolma. Maka untuk cookblog challenge bulan mei oleh Indonesia Foodblogger (IDFB), saya menyajikan Dolma dengan aneka sayuran yaitu paprika, tomat dan kol. Sengaja tidak memilih daun anggur, karena berasumsi, pastilah lumayan susah mencari daun anggur di indonesia, jadi saya sengaja memilih hidangan yang bahan-bahannya mudah dicari, sehingga teman-teman juga bisa mencoba membuatnya.

Dolma (طولمه) adalah hidangan khas turki yang berasal dari bahasa turki dolmak yang artinya diisi atau sesuatu yang diisi. Umumnya diisi dengan beras atau beras setengah matang, daging dan biji-bijian dengan tambahan daun seperti daun mint, daun parsley (البقدونس). Dolma tanpa daging diisi kismis maupun kacang yang dimasak dengan minyak zaitun yang disebut Yalanci Dolma. Adapula dolma dengan diberi saus putih dan yoghurt. Sayuran pembungkus yang bisa digunakan seperti daun anggur, kol, paprika, tomat bahkan terong dan zuchhini. Sayuran pembungkusnya disebut sarma. Setiap negara berbeda-beda dalam penyajiannya, di turki berbeda dengan di arab, berbeda lagi dengan di armenia dan palestina.--sumber: wikipedia

Sedikit tips dari saya, jika ingin dolma dengan isian nasi, maka berasnya dikukus dulu setengah matang baru dicampur dengan isian dolma yang lain. Baru kemudian dikukus di dalam sarma. Jadi nasinya matang. Tapi kalau proses membuatnya dengan cara direbus (biasanya jika sarma adalah kol atau daun anggur) bisa memakai beras, tidak perlu dikukus setengah matang. Saya membuat dolma ini dengan metode dikukus, karena saya juga memakai sarma paprika dan tomat, supaya bisa sekalian masak. Jadi saya menggunakan beras setengah matang atau nasi aron.

Berikut resepnya ya teman-teman. Sebenarnya resep yang saya temukan berupa video, namun sudah saya modifikasi sedikit maka saya tuliskan juga resepnya disini, semoga suka ya. Coba yuk. Resep ini enak banged lho, cocok juga di lidah kita. Cita rasa nasi berbumbu dengan rasa yang berbeda sesuai dengan sayur pembungkusnya. Enak masyaAllah. 




Resep Dolma طولمه
Modifikasi: Dapur Comel Selma

Bahan:

1. 1/2 kol, 2 buah paprika dan 3 buah tomat (untuk sarma) -- bisa pilih salah satu
2. 500 gram daging (sapi atau kambing) cincang, bisa diganti ayam atau sosis
3. 1 kuntum parsley segar
4. 1 buah bawang bombay
5. 2/3 cup beras, (kalau saya 2 cup nasi aron)
6. 2 sdt garam

7. 1 sdt lada hitam

8. 1 sdt cabe bubuk

9. 1 sdt rempah campur (ketumbar, jintan, adas)
10. 3 buah tomat, parut / pasta tomat

Cara Membuat:

1. Cincang bawang bombay dan parsley, sisihkan.
2. Dalam wadah, campur beras / nasi aron, daging, bawang dan parsley.
3. Bubuhkan bumbu-bumbu, koreksi rasa. Tambahkan tomat, aduk rata. Sisihkan.
4. Rebus air dan garam hingga mendidih. Ambil lembaran kol, bagi dua dan buang tulangnya. Siapkan juga paprika, buang isinya, begitupula dengan tomat.
5. Rebus kol hingga lembut selama 5 menit. Masukkan ke dalam air es. 
6. Bungkus nasi berbumbu dengan kol, lipat yang rapi. Isi juga paprika dan tomat dengan nasi berbumbu.
7. Kukus selama 15 menit hingga matang.
--- Untuk dengan metode rebus, jika menggunakan kol atau daun anggur, tata kol atau daun anggur didalam panci, beri irisan lemon diatasnya, letakkan piring kecil diatasnya supaya lembaran sayur tidak terbuka, isi air hingga sayuran terendam air. Rebus dengan tutup sedikit terbuka hingga matang.




Berikut videonya:





Mudah kan teman-teman? tapi rasanya nikmat lho, unik, percaya deh. 

Psst, dibelakang dolma, ada cake juga, namanya basbousa, resepnya segera tayang di postingan selanjutnya ya. Kalau ada masakan, harus ada cemilannya kan ya, hehe.


Selamat mencoba Dolma khas Timur Tengah. Semoga suka ya.


5 comments:

Inas Basymeleh said...

MasyaAllah mba Selma 😃👍👍👍 baru tau nama dolma ini.. Jazakillahu khairan infonya.. Sama lagi semangat juga belajar masakan arab. Padahal masakan indo aja belum kelar belajarnya 😀

selma alan said...

Hehe iya inas...kakak juga baru tau...wa jazakillahu khairan..hihi..kapan ni kita cooking class lagi?

Inas Basymeleh said...

Iya nih pengen kalau ada lagi 😁 Ayo mba Selma dong ajarin buat dolma untuk cooking class 😃

selma alan said...

Kita buat dolma versi daun anggur yang ajarinnya mba sumayya lah...hehe...jangan ana...insyaAllah habis shoifiyah kayaknya..krna skrg mba sumayyanya lg sbuk...😊

Inas Basymeleh said...

Ooh yang dibungkus daun anggur itu juga dolma ya namanya? 😃 Siip semoga bisa ikut cooking class lagi aamiin