Kunafah - künefe - كنافة‎



Bismillah

Kreasi kuliner middle east lagi. Ceritanya pas kemarin jalan-jalan ke hyperpanda, ketemu kadaif - bahan utama kunafah. Hmm, jadi pengen beli. Udah lama pengen nyoba bikin sendiri. Karena kami sekeluarga penggemar kunafah.
Kalau di madinah, kunafah paling enak di math'am al qoswa. Pas manisnya. Salah satu kue yang paling saya sukai. Salah seorang teman yang berkunjung kesini, ketika saya belikan kunafahnya al qoswa langsung jadi suka. Tiap kesini pasti beli deh.

Kunafah ini merupakan kue populer di timur tengah. Kunafah ala turki berbeda dengan kunafah ala arab. Tapi yang cukup terkenal adalah yang ala turki.

Kanafah ( Arab : كنافة kunāfah , Turki : künefe , Azerbaijan : ریشته ختایی riştə xətayi , Yunani : κανταΐφι kadaïfi / Kataifi , Ibrani : כנאפה knafeh ) , adalah pastrhy keju Levantine yang direndam dalam sirup gula. 


Di negara arab kunafah terbagi menjadi tiga tipe, yang bertekstur kasar dinamakan khisnah خشنه yang bahan utamanya terbuat dari benang panjang menyerupai mie (disebut kadaif).  Pasthry berbentuk menyerupai benang yang terbuat dari tepung. Cara membuat kadaif bisa dilihat disini. Unik deh. Waktu awal makan kunafah ini saya mengira terbuat dari kelapa atau agar-agar..soalnya rasanya yang unik mirip bihun juga.

Tipe kedua adalah kunafa bertekstur  lembut disebut na'ama ناعمة, yang terbuat dari adonan tepung semolina سميد . Kemudian ada lagi kombinasi dati khisna dan na'ama yaitu mhayara محيرة.

Untuk membuat kunafah ala arab ini dengan memanaskan pastrhy (crustnya seperti bisa kadaif atau tepung semolina) dengan mentega, margarin, minyak sayur atau samneh kemudian dioles keju putih yang lembut dan diberi toping. Untuk khisnah, crust dioles keju putih kemudian digulung. Lalu disiram sirup gula plus air lemon atau air mawar. Dipanggang dan diberi toping kacang pistachio. 

Sedangkan untuk kunafah ala turki yang disebut künefe, memiliki sedikit perbedaan. Kalau ala arab keju yang digulung oleh kadaif. Kalau ala turki keju diletakkan diantara lembaran kadayif. Lalu dipanggang di cetakan khusus künefe berupa dua piring khusus dimasak diatas api. Lalu disiram sirup gula dan diberi toping pistachio. (Sumber: wikipedia)

Nah karena kunafah yang biasa saya makan adalah künefe, maka saya pun coba belajar membuat ini. Ada banyak versi resep namun resep inilah yang paling mendekati. 

Awalnya saya hanya memotong-motong kadaifnya. Ternyata masih kurang halus, kalihatan kan dari teksturnya terlalu kentara kadaifnya. Percobaan kedua baru saya gunting halus satu persatu, dan benar saja, mirip. Cuma masih nggak sehalus yang dijual. Kayaknya yang dijual itu motongnya pakai mesin jadi halus gitu ya. Seperti di resep ya, kadaifnya dipotong menggunakan food processor. Dan karena saya memanggangnya dengan dioven masih nggak sesempurna rasa yang dipanggang di cetakan. Jadi pengen beli. Dimana ya beli cetakan kunafah ini..hihi.


Untuk kunafah percobaan kedua saya beri pistachio juga dikejunya. Tambah laziz. Manggangnya juga  30 menit aja supaya masih lembut dan kemudian panggang sekejap diatas teflon untuk efek keemasannya. Jadi deh, kunafah ala dapur comel selma. Senang ya akhirnya bisa juga bikin kue favorit. Sip insyaAllah lanjut lagi buat kue arabnya setelah mudik, insyaAllah. 



Resep Kunafah - künefe -  كنافة‎
Sumber: Mariam Cooks

Bahan:

1. 3 cup susu cair -- 3 كوب حليب
2. 3 sdm tepung terigu -- 3 م ك طحين
3. 3 sdm tepung maizena -- 3 م ك نشاء
4. 4 sdm gula -- 4 م ك سكر
5. 1 1/2 pak keju putih segitiga -- 1 1/2كرتون جبن مثلث
6. 500 gram kadaif -- 500 g كنافة
7. 250 gram mentega -- 250 g زبدة غير مملح


Cara Membuat: 

1. Masak susu cair dengan api sedang, masukkan tepug terigu dan tepung maizena. Aduk terus dengan whisker hingga meletup-letup. Masukka gula, aduk rata.
2. Masukkan keju, aduk dan matikan api.
3. Haluskan kadaif (saya memotong menggunakan gunting). Campur dengan mentega. Aduk rata.
4. Tata setengah kadaif dalam cetakan kunafah atau loyang, tekan-tekan. 
5. Masukkan keju, ratakan. Tutup dengan sisa kadaif, tekan-tekan.
6. Panggang diatas kompor hingga matang. Jika menggunakan oven, panggang dengan suhu 180 C api atas bawah selama 30-45 menit. 

Selamat Mencoba ^_^





With Love






post signature

2 comments:

Inas Basymeleh said...

MasyaAllah info-infonya lengkap👍👍👍👍 baru tau ternyata namanya kadaif ya dan banyak macamnya. Jazakillahu khairan mba Selma 👍👍

selma alan said...

Hehe iya inas...wa jazakillahu khairan. Malah kakak bikin kunafa ini terinspirasi dari kunafa buatan inas