Martabak Mini Ketan Hitam



Bismillah

Ada postingan martabak manis dari tepung ketan hitam. Wah penasaran juga gimana rasanya. Byar klop full ketan hitam, saya modifikasi dengan memberi toping ketan hitam. Sekalian obat kangen sama martabak manis isi ketan hitam. Cuma saya nggak pakai kelapa seperti yang dijual-jual.


Ketannya saya peroleh dari bubur ketan hitam waktu itu, dan saya beri susu kental manis. Kalau misalnya nggak ada stok bubur ketan hitam, membuatnya dengan mengukus ketan hitam lalu dimasak sebentar bersama gula dan sedikit garam plus sedikit santan. Enak masyaAllah martabak ketan hitam ini. Ada legitnya walaupun nggak kentara. Makanya saya tambahkan toping ketan hitam lagi, klop..ya kan..hehe. Topingnya sebenarnya terserah aja ya. Bisa keju, kacang, meses dan paling enak durian..nyoom jadi kangen durian. Berikut resepnya, saya share resep martabaknya aja ya. Buat topingnya bisa dengan cara diatas atau seperti bikin bubur ketan hitam yang saya buat di postingan sebelumnya. Met ngemil teman-teman.


Resep Martabak Mini Ketan Hitam
Sumber: San Sus
Modifikasi: Dapur Comel Selma

Bahan:

1. 5 sdm terigu cakra
2. 5 sdm tepung ketan hitam
3. 1 sdm susu bubuk
4. 2 sdm gulapasir
5. Sejumput garam.
6. 1 butir telur.
7. 1 sdm susu kental manis putih
8. 1/2 sdt baking powder.
9. 200 ml air hangat.
10. 1/2 sdt baking soda
11. Gulapasir secukupnya untuk taburan.

Untuk isian:

1. Mentega
2. Ketan hitam 
3. Susu kental manis

Cara Membuat:

1. Campur terigu,tepung ketan hitam, gula, susu bubuk, garam, baking powder dan susu kental manis . Aduk rata lalu tuang air sedikit demi sedikit sambil diaduk kemudian tambahkan telur aduk rata hingga adonan tidak bergerindil. Lalu diamkan sekitar 1 jam.
2. Setelah 1 jam masukan baking soda aduk rata,
3. Panaskan cetakan martabak mini lalu tuang adonan. Masak hingga keluar pori-porinya lalu taburi gula pasir. Tutup dan masak sekitar 2 menit atau hingga matang.
4. Angkat martabak manis ketan hitam diatas piring lalu olesi mentega, beri ketan hitam dan tuang susu kental manis. Siap disajikan.

Selamat Mencoba ^_^




With Love









post signature

No comments: