Nastar Buah-buahan



Bismillah

Sejak tinggal di madinah, saya tidak pernah membuat nastar. Boro-boro buat nastar, wong beli nanas aja nggak pernah. Kalau pakai selai lain kan bukan nastar lagi namanya, jadi strawtar kalau misalnya pakai selai strawberry.
Buah-buahan tropis disini mahal dan langka. Nanas pernah lihat si berpaa kali di Mandarin, dikupaskan dan dipotongkan langsung. Tapi jarang juga kesana. Yang sering di baqolah itu nanas kalengan. Sekarang mumpung ada tema kue kering, mau belajar ah bikin nastar. Yang unik sedikit, jangan nastar biasa, nastar biasa kan udah beberapa kali bikin. Nah nastar unik kali ini bertema buah-buahan. Jadi nastarnya dibentuk menyerupai buah-buahan mini, cantik deh. Anak-anak apalagi kalau lihat yang "unyu-unyu" begini langsung kegirangan. 


Untuk metode mewarnai nastar buah ini, ada dua metode. Yang di resep kak azlita yang saya pakai ini dengan metode lukis. Jadi nastarnya dibetuk dulu lalu dilukis dengan kuas. Wah repot ya, apalagi yang nggak ahli kayak saya ini. Saya pilih dengan metode kedua, yaitu adonannya saya bagi menjadi beberapa bagian sesuai warna buah yang saya inginkan. Saya membuat strawberry, apel, pear jambu, manggis dan jeruk, jadi adonannya saya bagi menjadi warna merah, ungu, orens dan hijau.  Gunakan sedikit pewarna saja ya, yang penting panggang dengan suhu kecil, jadi warnanya nggak pudar. Kemudian adonan dibentuk satu persatu. Ingat kurangi kontak langsung dengan tangan. Alas tangan dengan sarung tangan plastik. Nastar ini lembut dan lumer di mulut, mungkin karena full butter ya. Apabila nastar terlihat lembek karena lama membentuknya, masukkan sebentar ke dalam kulkas sebelum dipanggang. Untuk bakulan kue yang membuat dalam skala banyak, adonan bisa dicetak di cetakan buah supaya cepat. Mungkin bisa saja di cetakan kue ku buah, tapi saya belum pernah coba.


Alhamdulillah rampung juga  membuat nastar buahnya. Capek tapi senang. Memang harus telaten ya membentuk nastarnya, tapi asyik kok. Nastar lebih mudah dibentuk kalau selainya padat. Simpan semalaman dalam kulkas supaya selai tidak berair dan bentuk bola-bola kecil. InsyaAllah nanti lanjut pengen buat kreasi nastar yang lain seperti nastar gulung, nastar bunga, nastar daun, nastar kerang dan black nastar. Wah banyak juga kreasi nastar ya, nggak sabar pengen mencoba. 

Oke berikut ya resepnya, saya lihat dari blog cantik kak azlita.


Resep Nastar Buah
Modifikasi: Dapur Comel Selma

Bahan:

1. 250 gram mentega
2. 60 gram gua halus
3. 1 butir kuning telur
4. 1 sdt esen vanilla
5. 370 gram tepung terigu
6. 30 gram tepung maizena

Bahan Selai Nanas:

1. 3 buah nanas parut
2. 200 gram gula pasir
3. 1/4 sdt garam
4. 2 lembar daun pandan

Bahan Hiasan:

1. Pewarna mengikut warna buah-buahan
2. 1 butir telur pisahkan putih dan kuningnya
3. Cengkih sebagai tangkai
4. Wijen hitam sebagai hiasan

Cara Membuat:

1. Buat selainya, campur semua bahan, dan masak hingga menjadi selai. Simpan dalam kulkas semalaman.
2.Campur mentega dan gula dan aduk rata dengan sendok kayu saja.
3. Masukkan kuning telur dan esen vanilla dan aduk rata.
4. Kemudian masukkan tepung terigu dan tepung maizena yang telah di ayak terlebih dahulu sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga menjadi adonan yang lembut.
5. Bagi adonan dan beri pewarna. 
6. Ambil sedikit adonan, letakkan selai nenas.
7. Bentuk buah-buahan yang diinginkan. Terakhir hias dengan cengkeh dan wijen hitam. Kalau adonan lembek, masukkan kulkas sebentar lalu panggang dengan suhu 130-140 C sampai matang (kira-kira 25-40 menit).

Selamat Mencoba ^_^



With Love







post signature

No comments: