Onde-onde Ketan Hitam



Bismillah

Agak suprise juga nemu resep onde-onde ketan hitam ini. Dulu kayaknya pernah lihat, tapi lupa. Pas ada yang ngeshare resep ini di facebook kok jadi pengen bikin juga. Sekalian memperlancar bikin onde-onde supaya bulat kokoh dan dalamnya kopong. Saya menggunakan resep mbak fah umi yasmin. Saya lihat hasilnya oke seperti yang saya inginkan. Alhamdulillah sukses. Resepnya detail lengkap dengan tips-tips membuatnya. Kebetulan juga kebanyakan merendam kacang hijau. Sebagian dibuat bubur, sebagian dikukus dan dibuat onde-onde ini. Suka suka suka.

Panjang juga sejarah saya membuat onde-onde ini. Dulu pernah yang nggak mekarlah. Kadang dalamnya nggak masak. Kadang wijennya rontok-rontok. Sering juga yang meleot-leot. Alhamdulillah sekarang udah bisa. Memang semua butuh pembelajaran. Trial dan error. Jadi jangan pernah putus asa. Terus mencoba. InsyaAllah kalau udah bisa, senang sekali rasanya. Ini ya resepnya.



Resep Onde-onde Ketan Hitam

Bahan:

1. 150 gram tepung ketan hitam
2. 100 gram tepung ketan putih
3. 50 gram tepung beras
4. 100 gram kentang, kukus, haluskan
5. 180 ml santan hangat encer
6. 80 gram gula pasir
7. 1/4 sdt garam

Pelapis :

Wijen putih
Air secukupnya.

Bahan Isi:

1. 120 gram kacang hijau kupas, rendam di air
2. 1 lbr daun pandan
air, rebus kacang hijau, daun pandan sampai kacang hijau mengembang, tambahkan
3. 5 - 6 sdm gula pasir
4. 1/2 sdt garam
5. 2 sdm santan bubuk, biar rasanya gurih

Cara Membuat:

1.  Kukus kacang hijau dan daun pandan hingga mekar. Haluskan.
2. Campur kacang hijau halus dengan gula, garam dan santan bubuk. Koreksi rasa. Bentuk bulat-bulat kecil. Sisihkan.
3. Campur tepung ketan hitam, tepung ketan putih, tepung beras, kentang halus, gula dan garam jadi satu, aduk pake tangan agar tercampur rata
4. Masukkan air santan sedikit demi sedikit hingga kalis dan bisa dibentuk,
5. Ambil 1 genggam adonan, pipihkan, isi dengan kacang hijau, tutup bulatkan.
6. Celupkan dalam air dan gulingkan ke wijen. Kepal-kepal agar wijen menempel.
7. Panaskan minyak banyak setengah panas. Masukkan onde-onde dan goreng dengan api kecil hingga mengapung. Kemudian goreng dengan api sedang hingga matang.

Selamat Mencoba ^_^


With Love 









post signature

6 comments:

Rusydina Tamimi said...

foto-fotonya bagus mbaak bikin ngiler jadinyaa :3

Eri Udiyawati said...

Baru tahu ada onde2 ketan hitam, biasanya putih :)

Hairi Yanti said...

Waktu ada stok tepung ketan hitam saya juga kepikiran bikin onde2, tapi karena ga punya tepung ketan putih, jadi batal bikin onde2nya.

selma alan said...

Makasi mba ๐Ÿ˜๐Ÿ˜

selma alan said...

Saya juga baru tahu mba..rasanya nggak jauh beda ๐Ÿ˜Š

selma alan said...

Ayuk coba lagi mba