Spaghetty Goreng (Kampung)



Bismillah

Postingan makan malam ni. Zauji lagi hobi makan spaghetty. Tapi jangan salah, bukan spaghetty biasa, tapi sukanya spaghetty ala kampung, lidah asia.
Cara masaknya totally beda dari spaghetty biasa. Herannya malah enak banged. Ni aja saya belajar dari zauji resepnya, hihi. Alhamdulillah ada hikmahnya punya suami bisa masak, kan bisa belajar resep unik juga. Cuma zauji sukanya masak tok, gak suka baking. Kalau bisa bikin kue lebih teope lagi lah ya..hehe.

Spaghetty goreng ala zauji ini dari awal masaknya aja udah beda dari cara masak spaghetty. Kalau merebus spaghetty itu kan sebenarnya setelah air mendidih baru masukkan spaghettynya. Masak hingga aldente. Nah kalau yg ala zauji ini, direbua dari awal ketika air masih dingin. Persis seperti cara masak mie lidi. Jadi spaghettinya lembut dan kesat, gak licin meluncur ala spaghetty biasa--yang suka bikin kita rada sebel pas makannya yang sulit. Makannya kudu pakai garpu supaya lebih mudah--Spaghetty resep ini udah hilang khas spaghettynya, jadi sodara mie lidi dan malah jadi lebih enak daripada mie lidi karena jujur aja ada bau khas mie lidi yang saya kurang suka dan rasanya yang agak asin. Tapi kalau spaghetty ini, mienya jadi enak.

Untuk bumbunya, dimasak persis seperti masak mie goreng. Pakai bumbu halus (saya biasa tambahkan rebon), tumis sayuran dan telur kocok. Masukkan telur setelah mie dan masak dengan api kecil. Zauji suka rasa dan tekstur telur yang menempel di helaian mienya.  Tak lupa kerupuk, timun dan tomat iris serta taburan bawang goreng. Hmm yummy. Ternyata spaghetty kampung ini malah enak banged. Makanya zauji jadi rajin beli spaghetty, katanya lebih enak dari mie telur. Cuma sukanya dimasak begini aja, nggak mau ala bule. Hehehe.

Resep Spaghetty Goreng (Kampung)
Sumber: Dapur Comel Selma

Bahan:

1. 1 bungkus spaghetty, rebus hingga lembut.
2. 1 sdm rebon
3. 1 sdt ebi
4. 1/2 bungkus mix vegetable (bisa diganti sayuran apa saja sesuai selera)
5. 1/2 sdm cabe bubuk
6. 1 butir telur
7. 1 batang seledri
8. Garam secukupnya
9. Kecap manis secukupnya

Bumbu Halus:

1. 3 siung bawang merah
2. 1 siung bawang putih
3. 3 buah cabe merah
4. 1 sdm rebon

Pelengkap:

1. Tomat
2. Kerupuk
3. Bawang goreng

Cara Membuat:

1. Tumis bumbu halus, cabe bubuk dan rebon hingga wangi.
2. Masukkan sayuran, tumis hingga matang.
3. Masukkan spaghetty, tuang kecap. Aduk rata. Tambahkan telur kocok. Masak dengan api kecil. Aduk rata.
4. Tabur seledri dan bubuhkan garam. Koreksi rasa.
5. Sajikan spaghetty dengan pelengkap.

Selamat Mencpba ^_^

With Love







post signature

No comments: