Tteokbokki 떡볶이 - Kue Beras Pedas Korea



Bismillah

Akhirnya kesampaian juga buat tteokbokki atau kue beras pedas dari korea. Kue ini cukup terkenal ya. Apalagi sejak menjamurnya drama korea. Makanan dan jajanan khas negeri itu pun juga naik pamornya. Saya pertama kali lihat resep ini pas buka sosial media. Udah lama banyak yang share. Cuma kok lupaa melulu mau buat. Padahal nggak susah kok.

Tteokbokki ( Korean : 떡볶이 ; juga dikenal sebagai tteokbokki , ddeokbokki , topokki , dan dukboki ) [ 1 ] [ 2 ] adalah makanan Korea populer yang dibuat dari kue beras yang lembut, kue ikan, dan saus cabai bewarna merah dan manis disebut gochujang. Kue ini mudah ditemukan di penjaja kaki lima atau disana disebut pojangmacha. 

Terdapat sejarah panjang asal muasal kue beras ini yang dipopulerkan pada zaman dinasti joseon. Serta beraneka ragam jenis tteokbokki yang sudah beredar. Dimodifikasi menjadi aneka rupa. Lengkapnya teman- teman bisa lihat di wikipedia.

Tteokbokki yang saya buat adalah versi original yang belum dimodifikasi. Warnanya memang nggak merah sekali lantaran saya nggak pakai gochujang dan tapi rasanya saya rasa sudah mendekati. Pedas manis. Pedasnya lumayan lho. Harus sedia air kalau mau menikmati kue ini. Walaupun pedas, makannya nggak mau berhenti. Mungkin juga karena rasanya yang unik. Kue ini sedikit kenyal tapi tidak sekenyal kue dari tepung ketan atau tapioka ya. Resepnya dari teh ayudiah, makasi resepnya ya teh. Suka sekali. Resepnya simpel nggak ribet seperti resep di berbagai sumber yang mesti ngukus dulu tepung berasnya dan dimixer agak lama. 


Resep Tteokbokki  떡볶이 - Kue Beras Pedas Korea 
Sumber: Momylicious

Bahan cake beras:

1. 150 gram tepung beras
2. 20 gram tepung tapioka
3. 20 gram tepung terigu
4. 160 ml air
5. 1/4 sdt kaldu bubuk
6. 1/4 sdt garam
7. 1/4 sdt gula pasir

Bahan Saus: 

1. 2 sdm minyak untuk menumis
2. 3 sdm saus manis pedas
3. 1 sdt bubuk cabe kering
4. 1/2 sdt garam
5. 1/2 sdt gula
6. 1/2 gelas air
7. 1 tangkai daun bawang, iris halus
8. Wijen, untuk taburan
9. 3 buah sosis, potong serong memanjang 

Bumbu yang dihaluskan:

1. 3 buah cabe merah besar, buang bijinya
2. 1/2 buah tomat, buang bijinya
3. 1 siung bawang putih
4. 1 sdt tauco

Cara Membuat:

1. Campurkan tepung terigu, tapioka, gula, garam dan air, aduk rata. Rebus hingga meletup-letup dan menggumpal, aduk terus, matikan api, kemudian tuang ke dalam tepung beras. Aduk dengan sendok karena panas, jika sudah agak mendingin, aduk memakai tangan dan uleni hingga rata. Ambil sedikit adonan lalu bentuk lonjong panjang, lakukan sampai habis. 
2. Diamkan adoanan selama 30 menit dengan ditutup serbet. Setelah itu potong-potong dengan panjang kira-kira 5 cm.
3. Siapkan air mendidih, kemudian rebus adonan cake beras ini hingga mengapung. Masak sebentar lagi, lalu angkat, dan tiriskan. Cake beras siap digunakan.
4. Saus: Panaskan minyak, masukan sosis, masak sebentar sambil dibolak balik, lalu angkat. Tuang bumbu yang sudah dihaluskan di wajan bekas menggoreng sosis. Tambahkan air, gula, garam, saus dan daun bawang serta cabai kering. Aduk rata hingga mendidih. Masukan cake beras dan sosis, aduk rata, cicipi, paskan rasanya dengan selera masing-masing. Masak hingga mengental. Angkat, sajikan dengan taburan wijen. 

Selamat Mencoba ^_^



With Love





post signature

No comments: