Bakpao Ketan Hitam










Bismillah

Ramadhan Mubarak...

Nggak terasa udah bulan ramadhan aja nih, ramadhan yang keenam sejak pernikahan kami. Tahun ini alhamdulillah bisa menikmati bulan suci ini di tanah air, indonesia. Bersama keluarga. Sayang zauji banyak jadwal kegiatan, sehingga hanya beberapa hari saja bisa berpuasa bersama zauji. Semoga puasa tahun ini berkah, aamiin. Begitupula buat teman-teman semua ya. Mari fokuskan diri dengan memperbanyak ibadah yang wajib maupun yang sunnah. Semoga amal ibadah kita di bulan suci ini diterima Allah. Aamiin.

Sebenarnya bikin bakpao ketan hitam ini sudah lama. Sejak di madinah. Karena sibuk persiapan safar dan sebagainya jadi baru bisa diketik sekarang. Saya memang udah lama pengen aja buat bakpao dari ketan hitam. Pengen juga sih bikin yang mainstream sekarang, segala roti hitam dengan warna dari bubuk charcoal. Karena nggak ada bubuknya, pakai ketan hitam juga oke kok. Apalagi ketan hitam menyumbangkan sedikit tekstur legit dan aroma yang khas pada bakpaonya. Saya buat dengan isian kacang hijau dan isian ketan hitam. Kedua rasa sama enaknya. 



Sengaja buat mini aja, karena mau dibentuk aneka rupa. Lagi rajin ceritanya ni, hihi. Ada bentuk bunga, landak dan buah durian. Yang bulat biasa saya isi dengan kacang hijau, yang lainnya saya isi dengan ketan hitam. Hmm yummy. Resepnya dari sajian sedap dengan memakai tips mengukus dari mba Fithrotal. Kemudian buat bentuk bunganya saya search aja stepnya di youtube. Mudah insyaAllah. Ini link buat step bakpao bunga ya. Bisa klik disini. Kalau yang landak mudah tinggal gunting aja permukaannya jadi menyerupai duri.


Resep Bakpao Ketan Hitam
Sumber: Sajian Sedap

Bahan Roti :

1. 225 gram tepung terigu protein rendah
2. 50 gram tepung ketan hitam
3. 1 1/2 sdt ragi instan
4. 15 gram susu bubuk
5. 50 gram gula tepung
6. 1 putih telur
7. 115 ml air es
8. 20 gram mentega putih
9. 1/2 sendok teh garam


Bahan Isi:

1. 100 gram kacang hijau atau ketan hitam, rendam
2. 50 gram gula tepung
3. 1 lembar daun pandan
4. 1/4 sdt garam
5. 150 ml santan dari 1/2 butir kelapa

Cara Membuat:

1. Isi, kukus kacang hijau atau ketan hitam 25 menit sampai mekar.
2. Campur kacang hijau atau ketan hitam, gula tepung, daun pandan, dan garam. Aduk rata. Tuang santan. Masak sambil diaduk sampai kalis. Angkat. Bentuk bola-bola.
3. Campur tepung terigu, tepung ketan hitam, ragi instan, susu bubuk, dan gula tepung. Aduk rata. Tambahkan putih telur dan air es sedikit-sedikit sambil diuleni sampai kalis. Masukkan mentega putih dan garam. Uleni sampai elastis. Diamkan 30 menit.
4. Kempiskan adonan. Timbang masing-masing 25 gram. Bulatkan. Diamkan 20 menit. Pipihkan. Beri isi. Bentuk bulat.
5. Alasi kertas roti. Diamkan 15 menit sampai mengembang.
6. Kukus 15 menit dengan api sedang.

Selamat Mencoba ^_^


Tips:

1) Jangan over fermentasi ya, cukup 20 menit diawal dan 15 menit untuk fermentasi yang ke 2
2) Kukus dengan api kecil , dan usahakan hilangkan uap panas pengukus saat bakpao mau dimasukkan, jadi panaskan dulu pengukus, jangan lupa alasi tutupnya saat sudah panas, buka dan biarkan agak lama supaya uap panasnya menurun dan suhu kukusan juga tidak terlalu panas
3) Supaya kulit bakpao tetep lembab , sebelum dikukus semprot sedikit permukaan bakpao dengan air matang ,
4) Saat sudah 15 menit, pao mau diangkat ,diamkan dulu beberapa saat didalam kukusan dengan tutup terbuka, baru angkat

With Love









post signature

No comments: