Pineapple Upside Down Cake



Bismillah

Setelah bikin sambal nenas, jadi pengen beli nenas lagi. Kali ini nanasnya saya olah jadi cake dan jajanan tradisional. Cakenya yang unik dong ya, upside down cake. Dari dulu pengen nyoba cake ini. Dinamakan upside down cake karena bagian atas cake jadi bagian bawah dan bagian bawahnya jadi bagian atas, dibalik gitu. Jadi ntar buahnya ditata dibagian bawah, dan dibalik, taraa jadi bermotif unik deh cakenya. Buahnya bisa macam-macam tapi yang paling sering buah nanas. Mungkin karena motifnya cakep ya. 

Umumnya upside downside cake ini adalah butter cake, dan seperti yang kita tau butter cake itu cakenya padat beremah. Namun resep yang saya pakai ini cakenya lembut karena walauupun butter cake tapi pakai metode pisah pengocokan kuning dan putih telur. Jadi hasilnya lebih oke deh. Dan untuk cake ini disarankan dibuat jangan tinggi-tinggi ya teman-teman, supaya matangnya merata sampai ke toping buahnya. Bikin yuk.


Resep Pineapple Upside Down Cake
Sumber: Catatan Nina

Bahan : 

1. 4 kuning telur 
2. 3 putih telur 
3. 120 gram gula kastor 
4. 125 gram margarin 
5. 100 gram tepung terigu serbaguna 
6. 10 gram maizena 
7. 15 gram susu bubuk full cream 
8. 1/2 sdt vanilla 
9. 75 gram nanas kaleng, potong dadu kecil 

Topping : 

Nanas iris

Cara Membuat : 

1. Siapkan loyang bulat 20 cm, oles margarin, alasi dasarnya dengan kertas roti dan oles margarin. 
2. Tata nanas dan red cherry di dasar loyang, sisihkan. 
3. Campur dan ayak tepung terigu, maizena dan susu bubuk, sisihkan. 
4. Kocok margarin dan gula kastor hingga berwarna pucat dan lembut. Masukkan kuning telur satu persatu sambil terus dikocok hingga rata. 
5. Masukkan campuran tepung sambil terus dikocok dengan kecepatan rendah, hingga tercampur rata. (bisa juga diaduk memakai spatula). Masukkan nanas yang dipotong dadu, aduk rata. 
6. Di wadah lain, kocok putih telur hingga kaku. Ambil 1/3 adonan kuning telur, masukkan ke dalam kocokan putih telur, aduk balik hingga rata (teknik pancing), kemudian masukkan lagi ke dalam adonan kuning telur. Aduk balik hingga rata. 
7. Tuang adonan ke dalam loyang dan oven 180'C hingga matang. Lakukan test tusuk dan test sentuh. 8. Angkat dari oven, dinginkan sebentar dan balikkan.

Selamat Mencoba ^_^

Alhamdulillah cakenya sesuai dengan yang diharapkan. Lembut dan enak. Nanasnya segar dan menyumbangkan aroma wangi khas cake nanas. Kangen makan nanas akhirnya terobati deh.


No comments: