Klepon Ubi Ungu



Bismillah

Waktu beli semangka di supermarket, iseng lihat buah lainnya. Pengen beli buah naga tapi agak takjub juga dengan harganya yang super. Akhirnya malah lihat-lihat ubi ungu. Memang udah lama juga si ngayal kalau mudik pengen buat makanan serba ungu dari ubi ungu tentunya. Segera saya bungkus sekilo. Sesampai di rumah saya kukus dan simpan dalam tupperware di kulkas. Nanti sewaktu-waktu kalau ada mood, saya tinggal eksekusi aja. 


Olahan pertama saya coba membuat tiga macam. Ada klepon, kueh keria dan katiri mandi. Proses membuatnya lumayan berlikulah. Dari belanja segala tepung di kedai dulu. Trus ternyata sampai di rumah, udah menakar bahan, eh gas abis. Terpaksalah dimasukin dalam kulkas semuanya. Beberapa hari kemudian setelah gas udah dibeli, eh kelapanya malah basi. Balik lagi ke kedai beli kelapa lagi. Agak senang juga melihat kelapa parut yang asli ini, bukan kelapa kering seperti di madinah. Alhasil kleponku pun bisa cakep penampilannya daripada biasanya. Gulanya saya pakai gula aren asli yang masih terbungkus daun, sayang lupa foto penampakannya. Adikku yang kebetulan melihatku membuat aneka kue dari ubi ungu inipun turut membantu. Pas sesi membulatkan kleponnya, dia beberapa kali bocor. Tapi setelah beberapa kali bikin, bisa juga dapat hasil yang diinginkan. Asyik lho teman-teman mengajarkan anak-anak belajar masak. Mereka pasti excited juga. Karena menemukan hal yang tidak biasa, masak bareng. Kegiatan yang seru mengisi hari liburan. Bisa belajar, setelah selesai perutpun kenyang, hihihi. 

Sejak sering belanja kudapan dan takjil buat berbuka puasa, saya sedikit tidaknya menyadari harga makanan yang cukup mahal. Makanya karena itu saya jadi makin semangat membuat segalanya sendiri. Selain jatuhnya lebih murah, kita pun puas dapat makan banyak kue. Paling yang ditakutkan cuma jarum timbangan yang melesat ke samping kanan. Hehehe.


Resep Klepon Ubi Ungu
Sumber: Hesti Kitchen

Bahan : 

1. 150 gr tepung ketan putih
2. 150 gr ubi kukus halus
3. Sejumput garam halus
4. Air secukupnya (sampai bisa dipulung)
5. Gula merah (potong kecil untuk isian)
6. 1/2 biji kelapa, parut (kukus bersama sedikit garam dan daun pandan)

Cara Membuat :

1. Campur tepung ketan dan garam lalu aduk rata. Tambahkan ubi ungu. Uleni hingga tercampur. 
2.Tambahkan air sedikit sedikit sampai adonan dapat dipulung.
3. Didihkan air dalam panci. Sementara itu ambil sedikit adonan, beri isi gula merah dan bulatkan. 
4. Langsung masukkan ke air mendidih. Kalau mengapung segera diangkat, disaring dan dicelupkan ke parutan kelapa.

Selamat Mencoba ^_^












No comments: