Getuk Keju Gulung



Bismillah

Kemarin ceritanya nggak sengaja aja beli singkong. Soalnya pas beliin buat umi kemarin, singkongnya nggak bagus. Jadi agak gimana gitu. Beli lagi, dan sengaja pilih yang kulit dalamnya pink. Nggak langsung saya olah, saya inapkan aja dua hari, eh cepet banged berkayunya. Usut punya usut memang sekarang singkong lagi jelek-jelek, mungkin karena pengaruh cuaca yang nggak bagus ya. Alhamdulillah masih ada yang bagusnya, jadi saya olah buat getuk dan jongkong semarang. 

Awalnya berniat bikin getuk lindri pakai cetakan putu mayang, eh nggak bisa. Jadi bikin getuk gulung aja. Walaupun dulu pernah bikin juga, malah udah tiga kali bikin....tapi ini beda, saya tambah keju. Kerasa banged kejunya dan bikin tambah enak. Suka.....Dan inilah yang paling cakep hasilnya. Ehehee.



Resep Getuk Keju Gulung
Sumber: Hesti Kitchen
Modifikasi: Dapur Comel Selma

Bahan : 

1. 1 kg singkong (cassava), kupas lalu kukus 
2. 90 gram gula pasir
3. 1 sdm peres margarin
4. 1 tetes pasta pandan
5. 300 gram keju parut 

Taburan (kukus) : 

1.  1/2 butir kelapa setengah tua, kupas lalu parut 
2. 1/4 sdt garam 
3. 1 lembar daun pandan 

Cara Membuat :  

1. Haluskan singkong yang sudah di kukus dalam keadaan masih hangat, kemudian masukkan margarine, dan gula aduk sampai tercampur rata.
2. Bagi menjadi 2 bagian, beri pewarna merah salah satu bagian, aduk rata.
3. Siapkan loyang kemudian alasi dengan plastik yang cukup besarnya kemudian ratakan adonan yang putih dengan cara ditekan tekan. (aku, digiling di antara 2 buah plastik berukuran empat persegi panjang, semakin tipis mengilingnya semakin banyak gulungannya)
4. Tambahkan adonan merah di atas adonan putih lalu ratakan dengan sedikit ditekan tekan agar padat. (aku, adonan merah digiling sendiri sesuai ukuran yang pertama lalu diletakkan dengan cara ditumpuk di atas adonan putih dan gulung)
5. Keluarkan adonan dari loyang dengan membalikkan adonan dan disimpan langsung diatas MAKISU (alat menggulung sushi dari bambu)  yang sudah diberi alas pastik, lalu gulung sambil ditekan tekan agar padat. kalau tidak memiliki makisu bisa langsung digulung perlahan saja supaya tetap rapat dan padat gulungannya. Kemudian dinginkan di suhu ruangan, lalu potong potong sesuai selera.
6. Sajikan dengan taburan kelapa. 


Selamat Mencoba ^_^


No comments: