Kue Ku Dwi Warna (Ubi Oren dan Ungu)







Bismillah

Kue ku mungkin udah nggak asing lagi ya bagi kita, walaupun ada juga yang nggak tau kue ku, macam adikku, hihihi. Tapi kalau kue ku dari ubi pernah nyoba nggak? Mungkin belum ya, karena memang jarang ada. Kue ku sendiri aja udah mulai langka sekarang. Dan kue ku dengan ubi ini jauh lebih enak dari yang biasa, lebih lembuut dan bercita rasa. Kalau mau aromanya enak, tepungnya bisa disangrai sebentar dengan daun pandan, hmm wangi.

Kue Ku __Kura-kura (Cina: 紅 龜 粿; Peh-oe-ji: ANG-ku-Koe) adalah kue khas negeri Cina berbentuk menyerupai cangkang kura-kura yang oval. Terbuat dari tepung ketan yang lengket dengan isian manis di tengah. Biasanya berwarna merah seperti warna khas cina dan diletakkan diatas daun pisang. Kue ini memiliki tekstur kenyal dan sedikit lengket saat dimakan. Isian tradisionalnya berasal dari kacang hijau ataupun kacang merah. Namun seiring perkembangan, kue ku divariasikan dengan aneka bentuk dan aneka isi.

Saya membuat kue ku dengan dua warna (dwi warna), warna dari ubi jalar merah (oren) dan ubi ungu. Cantik ya warnanya. Cita rasa ubinya melekat dan menyumbang tekstur yang lembut dibandingkan kue ku yang biasanya. Alhamdulillah laris. Lumayan capek juga membuatnya sendirian. Namun senang karena semua suka. Resep awalnya yang original dari mba hesti, saya modifikasi kentangnya diganti ubi dan saya buat dua warna. Untuk membuat kue ku dua warna, masukkan warna pertama ditengah cetakan kue ku, lalu ambil bulatan warna kedua, pipihkan dan diisi kacang hijau lalu bulatkan lagi. Tekan diatas adonan pertama. Saya membuat juga yang selang seling, jadi dua warna ditaruh dulu ditengah lalu tekan, baru timpa dengan bulatan adonan yang berisi kacang hijau. InsyaAllah nggak rumit, cuma butuh sedikit kesabaran saja.

 

Resep Kue Ku Dwi Warna (Ubi Oren dan Ungu)
Sumber: Hesti Kitchen dengan modifikasi oleh Dapur Comel Selma

Bahan:

1. 165 gram tepung ketan
2. 20 gram gula tepung
3. 50 gram ubi oren kukus, haluskan panas-panas
4. 1/2 sdt garam
5. 125 ml santan dari 1/4 butir kelapa 

Bahan B:

1. 165 gram tepung ketan
2. 20 gram gula tepung
3. 50 gram ubi ungu kukus, haluskan panas-panas
4. 1/2 sdt garam
5. 125 ml santan dari 1/4 butir kelapa

Bahan isi :

1. 100 gram kacang hijau kupas, rendam 1 jam 
2. 150 ml santan dari 1/2 butir kelapa 
3. 1/8 sdt garam 
4. 1 lembr daun pandan 
5. 75 gram gula pasir 

Cara Membuat :

1. Buat isian: Kukus kacang hijau yang sudah ditiriskan selama 20mmenit. Angkat.
Masukkan santan, garam, daun pandan dan gula pasir. Masak sampai kalis. Bentuk bola-bola, sisihkan.
2. Bahan A:Campur tepung ketan, gula halus, garam, dan kentang. Aduk rata. Masukkan santan sedikit-sedikit sambil diuleni sampai kalis. Lakukan hal yang sama untuk adonan B.
3. Ambil sedikit adonan kulit A atau B, letakkan ditengah cetakan atau bisa variasikan kedua adonan letakkan ditengah cetakan. Ambil lagi adonan dengan warna yang berbeda (jika tadi meletakkan adonan A ditengah, maka ambil adonan B), pipihkan, beri isi. Bulatkan.
4. Cetak dengan cetakan kue ku yang dioles minyak/ditabur tepung ketan. Keluarkan dengan cara diketok. Letakkan di atas daun pisang yang sudah dioles minyak.
5. Kukus 12 menit dengan api sedang sambil dibuka setiap 2 menit agar tidak menggelembung.
Setelah matang dioles dengan minyak atau santan rebus agar kulit tetap lentur.

Selamat Mencoba ^_^


dan bunganya pun dirusak anak-anak

No comments: