Mie Ubi Ungu



Bismillah

Masih ada sisa ubi ungu halus. Agak bingung mau diolah jadi apa, karena banyak yang pengen dibikin..hihi. Mau coba bikin mie ungu, mie sehatlah ya. 

Membuat mie ini menurut saya gampang-gampang susah. Saya dulu sempat ngulang beberapa kali dan masih belum terlalu puas dengan teksturnya. Masih nggak sekenyal mie yang dijual-jual. Tapi zauji malah merasa udah enak aja. 

Kalau mengadon mienya insyaAllah mudah teman-teman. Yang agak rumit membentuknya supaya cakep hasilnya. Alhamdulillah kemarin dapat hadiah ampia yang bagus dari grup masak. Sekalian coba perdana ampia baru. Lumayan berbeda rasanya menggiling pakai ampia ini. Mienya cakep keluarnya. Nggak lengket. Tapi saya rasa ada pengaruh tepung yang saya pakai. Saya pakai tepung protein tinggi. Kalau di madinah kemarin biasanya pakai tepung protein sedang aja. Jadinya mienya nggak lengket. Saya juga menabur banyak tepung sagu setiap menggiling mienya. 

Oh ya...meskipun telat, saya mau mengucapkan taqabalallahu minna wa minkum. Selamat hari raya idul fitri ya teman-teman. Sebenarnya saya membuat mie dkk ini sebelum lebaran. Tapi semua foto hanya kesimpen di kamera belum sempat diutak atik karena qadarallah saya tertimpa demam berdarah dan dirawat di rumah sakit. Menyusul setelah saya adik saya yang juga dbd dan dirawat. Kemudian anak-anak yang juga sakit berbarengan. Membuat saya cukup sibuk dan nggak sempat update blog. Inilah baru ada waktu dan paket net tentunya..hehe..

Sip..ini resep mie ubi ungunya ya teman-teman.



Resep Mie Ubi Ungu
Sumber: Isna Sutanto

Bahan:

1. 200 gram ubi ungu kukus
2. 300 gram tepung terigu protein tinggi
3. 50 gram tepung beras
4. 50 gram tepung tapioka
5. 1 sdt garam
6. 2 butir telur
7. 50 gram tepung sagu untuk taburan

Cara Membuat :

1. Campur semua bahan mie, aduk sampai kalis. Bisa juga masukan semua bahan ke dalam wadah bread maker, setel pilihan pasta tunggu sampai 15 menit adonan menjadi kalis.
2. Giling adonan menggunakan pasta maker sambil ditaburi tepung sagu supaya tidak lengket.
3. Setelah adonan tipis dan mulus, giling dengan pemotong mie sambil ditabur tepung sagu.
4. Mie ubi ungu siap digunakan.

Cara Menyimpan Mie :

Timbang mie per 100 gram, sambil ditaburi sagu lalu gulung mie dan susun dalam wadah, lakukan sampai habis. Tutup rapat wadah mie, simpan dalam kulkas.

Selamat Mencoba ^_^ 



No comments: