Putu Mayang isi Pisang



Bismillah


Nggak terasa udah lama juga sejak pertama mudik ke indonesia. Masih kerasa terus sedihnya nggak bisa balik ke madinah. Belum lagi mesti pisah dari zauji. Huhu. Lah kok sedih lagi ya. Hehe. Mending maem yang sedap yuk. Apalagi kalau bukan si putu mayang. Dari kecil palingggg suka banged sama jajanan yang satu ini. Cuma belinya jarang. Kalau beli dapat makan sebiji aja udah suka. Dulu pernah buat sekali, bisa dilihat di postingan ini ya. Bikinnya manual aja waktu itu. Pakai platik gula aja yang dibolongin. Jadi juga. Nah karena sudah beli cetakan (harganya lumayan mihil), coba buat lagi tapi yang agak beda. Yup, dikasi isian pisang. Walaupun tetap ada juga yang original tanpa isian pisang. 

Dan bertepatan juga sih momennya sama event YKMK buat tujuh belas agustusan yaitu ‪#‎Challenge15_JPI_ykmk2014‬. Udah lama juga nggak ikut kegiatan grup sejak mudik ini. Udah lama nggak bertegur sama dengan teman-teman sesama pencinta cooking dan baking. Kangen lah yang jelas. 

Putu mayangnya saya variasikan dikit lagi dari resep aslinya. Jadi yang pink, pisangnya saya taburi meses. Sedangkan yang orens, saya taburi keju parut. Hmm makiiin enak aja.


Resep Putu Mayang isi Pisang
Sumber: Diah Didi

Bahan:

1. 300 gram tepung beras
2. 500 ml santan 
3. 1/2 sdt garam
4. 1/4 sdt vanili
5. 2 1/2 sdm gula pasir.
6. 75 gram tepung kanji
7. Pisang kepok yang matang tapi tidak lembek, belah. 

Cara Membuat:

1. Campur semua bahan selain tepung kanji dan masak di api sedang hingga menggumpal. Setelah agak dingin, tambahkan tepung tapioka, aduk rata. 
2. Bagi adonan jadi tiga, satu beri sedikit pewarna merah, yang lain orens dan satu lagi pewarna hijau. 3. Aduk rata ya masing-masing adonan dengan pewarna makanan hingga adonan kalis, tapi lembut. 4. Masukkan ke cetakan. Bentuk diatan daun pisang memanjang. Letakkan irisan pisang. Untuk yang merah saya beri meses. Yang orens keju parut. Sesuai selera aja. Gulung dan kukus selama 20 menit. 


Bahan Saus Kinca:

1. 100 gram gula merah
2. 500 ml santan
3. Sejumput garam

Cara Membuat:

1. Masak hingga larut dan mendidih. 
2. Sajikan putu mayang dengan saus kinca dan irisan nangka

Selamat Mencoba ^_^

No comments: