Roti Sobek, Roti Bunga dan Donat Ubi Ungu





Bismillah

Masih dengan yang serba ubi ungu ya teman-teman. Setelah bikin mie dan stik ubi ungu. Sekarang giliran roti sobek, roti bunga dan donat ubi ungu. Isiannya saya buat beberapa hari sebelumnya dan saya simpan di kulkas. Isiannya seperti isian dadar gulung, kelapa parut gula merah.

Membuat roti ubi ungu ini dengan cara manual saja. Disini lumayan enak pas tahap proofingnya jadi rotinya mengembang bagus. Seratnya pun cakep. Roti sobeknya jadi lembut banged deh. Bagian dalamnya juga cantik kan ya keungu-unguan. Sisa adonan roti sobek saya bikin roti bunga dan donat.



Resep Roti Ubi Ungu
Sumber: Hesti Kitchen

Bahan :

1. 350 gram tepung protein tinggi
2. 100 gram tepung protein sedang
3. 200 gram ubi ungu kukus (halus)
4. 10 gram ragi instan
5. 2 kuning telur
6. 75 gram susu bubuk
7. 75 gram gula pasir
8. 200 ml air hangat
9. 60 gram margarin
10. 1 sdt garam

Filling Ubi (isian dadar gulung, cek disini)

Olesan :

1. 1 kuning telur 
2. 3 tetes air/susu cair


Cara Membuat :

1. Masukkan ragi dalam hangat dan biarkan selama 15 menit sampai berbusa.
2. Dalam mixer roti, masukkan tepung terigu 2 macam, ubi halus, susu bubuk, dan gula pasir. Aduk rata. Masukkan kuning telur dan air ragi. Mulai nyalakan mixer. Proses sampai kalis. Masukkan garam dan margarin. Mixer sampai adonan elastis atau sudah halus dan lentur.
3. Tutup dengan kain lembab, fermentasikan selama sekitar 45 menit.
4. Kempeskan adonan. Untuk donat, timbang 30 gr lalu bulat bulatkan dan letakkan di atas meja bertabur tepung. Setelah mengembang, goreng dalam minyak panas sedang sampai agak kecoklatan.
5. Untuk roti, bentuk sesuai selera. Untuk bentuk bunga, ambil adonan sebanyak 30 gr lalu beri isian ubi halus dan rapatkan bentuk bulat. Gambar bisa dilihat di Home baking net.
6. Untuk bentuk bulan sabit/lengkung, ambil adonan 30 gr lalu pipihkan benbentuk segitiga. Oleskan adonan isi lalu toreh bagian atasnya dengan cutter sebanyak beberapa garis. Gulung roti dari bagian bawah ke atas (dari bagian lebar ke bagian yang runcing). Taruh di loyang beroles margarin. Untuk roti sobek bentuk bulat biasa dan isi sesuai selera lalu taruh di loyang brownies. Fermentasikan sampai mengembang 2 kali lipat.
7. Oles dengan kuning telur lalu panggang selama sekitar 12-15 menit dengan panas oven 400 F atau 200 C.
8. Angkat dan olesi dengan butter.




9. Untuk donat, setelah mengembang pada fermentasi pertama, bentuk bulat donat lalu diamkan 15 menit. Goreng donat dan dinginkan. 
10. Celupkan ke dalam coklat leleh bagian atasnya lalu tabur trimit. Sajikan.

Selamat Mencoba ^_^

No comments: