Kembang Goyang




Bismillah

Akhirnya bisa bikin kembang goyang juga. Penasaran tingkat tinggi soalnya sama kue ini. Dulu banyak yang jual. Sekarang udah jarang. Makanya jadi tambah pengen buat.  
Saya bawa cetakan ini ke sekolah, karena memang rencananya saya buat di sekolah. Maklum kadang suka boring aja. Sekarang hari-hari saya habiskan di sekolah. Karena mesti anter harits terapi. Plus bantu-bantu umi. Nah pas saya bawa cetakan ini, ternyata kak mel lihat, kebetulan dia biasa buat peyek,  kembang goyang dan kue semprong dalam jumlah banyak. Kebetulan banged ya. Jadi bisa belajar. 

Membuat kembang goyang ini lumayan tricky juga lho. Pertama cetakannya dioles minyak goreng. Trus panasin minyak dalam jumlah banyak. Masukkan cetakan kembang goyang hingga benar-benar panas ya. Karena kalau nggak benar-benar panas, nanti adonannya bakalan lengket dan nggak mau lepas dari cetakan. Kemudian celupkan cetakan ke adonan. Jangan sampai tenggelam ya. Lalu masukkan ke minyak panas. Goyang-goyangkan hingga adonan lepas dari cetakan. Goreng sebentar dan angkat.  

Lumayan tricky ya. Saya beberapa kali salah. Alhamdulillah kak mel sabar. Dan malah beliau bilang pengen mengajari buat kue semprong juga. Asyik deh. Ini resepnya ya. 


Resep  Kembang Goyang
Sumber: Catatan Nina

Bahan : 

1. 250 gram tepung beras 
2. 350 ml santan 
3. 2 butir telur, kocok lepas 
4. 5 sdm gula pasir (aslinya 4 sdm) 
5. 1/2 sdt garam halus minyak untuk menggoreng 

Cara Membuat : 

1. Campur tepung beras, gula pasir dan garam. Aduk rata. 
2. Tuang telur dan santan sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata. Saring. 
3. Panaskan minyak, kemudian celupkan cetakan kembang goyang hingga panas. 
4. Celupkan cetakan ke dalam adonan, goreng sambil digoyang-goyang hingga terlepas dari cetakan.  5. Goreng dengan api sedang hingga berwarna kecoklatan. 
6. Angkat dan tiriskan 
7. Setelah dingin baru disimpan di wadah kedap udara. 

Selamat Mencoba ^_^

Tips:

 - Pastikan cetakan dalam keadaan panas ketika dicelupkan ke adonan. Cetakan yang dingin menyebabkan adonan tidak menempel di cetakan. 
- Adonan kembang goyang yang lengket di cetakan bisa disebabkan karena adonan terlalu cair (kurang tepung) atau bisa juga karena cetakan yang kurang panas. 
- Kembang goyang yang mudah gosong bisa disebabkan karena api yang digunakan terlalu besar atau pemakaian gula yang terlalu banyak. 
- Warna kembang goyang yang pucat, tidak bisa kecoklatan disebabkan karena waktu penggorengan kurang lama atau karena penggunaan gula yang kurang. 
- Jangan menumpuk kembang goyang ketika ditiriskan karena bisa menyebabkan kembang goyang terlalu berminyak. 
- Agar kembang goyang matang dan kering merata, goreng dalam minyak yang cukup banyak.


2 comments:

Inas Basymeleh said...

Waaah MasyaAllah benar" perlu ketelatenan ya buatnya 😀 Berarti buatnya satu" ya gorengnya? MasyaAllah dulu cuma makan aja.. baru tau cara buatnya ternyata lumayan juga ya 😅

selma alan said...

Iya inas.. Satu-satu dan kalau banyak lumayan pegel juga berdiri..hihi