Lekker Ori dan Pandan




Bismillah

Bikin lekker yuk. Tau lekker nggak? Bahasa kerennya itu crepes. Lekker ini kue khas indonesia. Ciri khasnya ya gurih dan tipisnya. Isinya bisa macam-macam. Namun biasanya diisi gula pasir, meses dan pisang. Ada kalanya keju parut. Bisa juga dikucuri susu kental manis. Cuma lekkernya bisa nggak awet gurih kalau dikucuri susu kental manis. Saya suka lekker yang pinggirannya aja yang gurih tapi tengahnya lembut.





Awal bikinnya masih rada bingung. Lama kelamaan bisa juga alhamdulillah. Saya bikin dua versi warna. Yang original dan pandan. Rasanya nggak jauh beda sih. Saya lihat step membuatnya di blog mba diah. Sebenarnya mau pakai resep beliau juga. Tapi karena nggak ada tepung lekker jadi saya pakai resep ncc aja.


Resep Lekker Original dan Pandan
Sumber: Amanda Kusumo via NCC

Bahan:

1. 150 gram tepung terigu
2. 50 gram tepung tapioka / kanji
3. 200 gram tepung beras
4. 500 ml susu cair 
5. 2 sdt vanili bubuk
6. 2 butir telur, kocok lepas
7. 2 sdm butter / margarin, lelehkan
8. 2 sdt baking powder double acting

Cara Membuat:

1. Campur tepung terigu, tepung tapioka/kanji, tepung beras, vanili bubuk, dan baking powder, aduk hingga rata lalu sisihkan
2. Di tempat yang berbeda, campur semua bahan cair (susu cair, telur, margarin/butter leleh), aduk sampai rata.
3. Jadikan satu / campur kedua bahan tadi sambil diaduk hingga rata, licin dan tidak menggumpal.
4. Ambil 1 sendok sayur adonan, tuangkan kedalam cetakan / wajan anti lengket / teflon dan masak sampai matang, tunggu hingga mengering atau terlihat sudah crispy, angkat dan sajikan dengan taburan atau isian sesuai selera.

Selamat Mencoba ^_^

Note: Step lengkapnya disini ya.


No comments: