Udang Goreng Tepung




Bismillah

Abi beberapa waktu yang lalu pulang ke bengkalis karena abangnya sedang sakit dan ternyata mesti diperiksa ke Malaka. Pulang ke pekanbaru, abi bawa oleh-oleh udang yang lumayan banyak. Segar karena baru ditangkap langsung di rebus dan dibawa kesini. Awalnya dibiarin begitu aja kurang laku. Maklum pada nggak doyan yang direbus tok. Besoknya saya goreng semua lalu saya sambal sebagian sama kentang. Alhamdulillah laris. Masih ada sisa, ya saya buat udang goreng tepung aja. Akhirnya udangnya ludes deh. Ternyata seenak apapun bahan makanan fresh, tapi olahan yang enak juga mempengaruhi kelezatannya. Right?

Udang goreng tepung yang saya buat ini mirip dengan yang dibeli di rumah makan minang. Cuma udang yang saya pakai lebih kecil aja. Sedap deh.


Resep Udang Goreng Tepung
Sumber: Dapur Comel Selma

Bahan:

1. 1 kg udang, rebus atau goreng
2. 1 butir telur, kocok lepas
3. 250 gram tepung terigu
4. 100 gram tepung beras
5. 3 siung bawang putih, haluskan 
6. Air secukupnya
7. Garam secukupnya
8. 1 sdt lada bubuk

Bahan Pelapis:

1. 250 gram tepung terigu
2. 50 gram tepung beras
3. Garam dan lada secukupnya


Cara Membuat:

1. Campur semua bahan selain udang, aduk rata.
2. Campur bahan pelapis dan aduk rata.
3. Aduk udang dengan bahan pelapis, masukkan ke adonan cair sebelumnya lalu masukkan lagi ke bahan pelapis.
4. Goreng hingga matang, sajikan.

Selamat Mencoba ^_^



No comments: