Rendang




Bismillah


Walaupun Idul Adha udah lama lewat, tapi daging kurbannya masih banyak aja. Maklum nggak ada dimasak-masak karena kesibukan. Mumpung sekarang lagi di rumah dan liburan, bolehlah buat yang agak rumit sedikit, idola tiap lebaran Idul Adha, Rendang.
Rendang ini aslinya dari minang ya, tapi banyak juga versi lain di tiap daerah. Yang saya bikin ini rendang melayu. Alhamdulillah belajar lagi buat sama umi dan akhirnya bisa juga membuat rendang yang pas. Bumbunya banyak, warnanya pekat dan lembut. Senang sekali ya. Memang pengaruh santan itu besar dalam pembuatan rendang. Pantas saja rendang yang saya buat di madinah cenderung kering dan kurang bumbu, karena saya hanya menggunakan santan bubuk saja. Padahal patinya itu dari santan segar supaya bumbunya banyak. Dan lagi membuatnya walau melelahkan tapi nggak susah-susah amat. Karena rendang ala melayu, kami pakai cabe kering. Kalau rendang minang kan pakai cabe biasa yang banyak. Maklum juga kami tak begitu suka pedas. Rempahnya juga lengkap supaya nggak ada bau amis dagingnya. Tak lupa khasnya pakai kelapa gongseng, rendangnya jadi lemak dan wangi. Sedap banged deh. Ini resepnya yah.




Resep Rendang
Sumber: Dapur Umi

Bahan:

1. 1 kg daging sapi segar, potong dan buang uratnya
2. 2 sdm cabe kering halus (sesuai selera(
3. 2 siung bawang merah, iris
4. 2 siung bawang putih, iris
5. 2 sereh, ambil putihnya, memarkan
6. 1 sdm kelapa gongseng halus
7. 1 L santan kental
8. 3 daun jeruk
9. 2 daun salam
10. 2 cm lengkuas, memarkan

Bumbu Halus:

1. 5 siung bawang merah
2. 5 siung bawang putih
3. 1 ruas jahe

Rempah Halus:

1. 1 sdm ketumbar
2. 2 sdt jintan
3. 2 sdt adas
4. 4 kapulaga
5. 2 kayu manis
6. 1 sdt lada hitam

Cara Membuat:

1. Tumis irisan bawang merah dan putih. Masukkan sereh. Tumis hingga wangi
2. Masukkan bumbu halus dan cabe. Aduk rata.
3. Masukkan daging berikut rempah halus. Aduk hingga daging menjadi lembut.
4. Masukkan santan dan daun-daun. Masak sambil diaduk dengan api sedang cenderung kecil hingga mengering. Angkat dan sajikan.

Selamat Mencoba ^_^













No comments: