Bubur Candil Buah Naga



Bismillah

Teman-teman apa kabarnya? Sedang sibuk beraktifitas ya. Postingan saya ini selalu saya rapel sekali banyak mostingnya. Padahal buatnya udah beberapa hari yang lalu, hehe. Soalnya memang mesti nyari waktu dulu buat melototin laptop, hehe.

Kali ini saya membuat bubur candil buah naga. Ternyata candil bisa juga dkreasikan warnanya dengan buah naga. Kalau ingin pakai pewarna lebih bagus pakai yang alami aja ya teman-teman. Kalau bisa. Misal untuk warna pink bisa menggunakan buah naga, merah dengan buah bit, ungu dengan ubi ungu, kuning dengan labu kuning, hijau dengan daun pandan suji, biru dengan bunga telang, bahkan hitam bisa dengan abu merang atau abu carchoal. Lengkap kan warna alami di sekitar kita. Cuma memang harus rajin nyarinya. Kadang kita mau cepat ya pakai pewarna buatan lagi, hehe. Nggak papa sih, cuma lebih sehat aja pakai alami, ya nggak? pengen deh suatu saat kalau udah ada rumah sendiri punya halaman buat nanam bahan masakan, sayur dan pewarna alami itu, kapan yaa, menghayal dulu. Teman-teman yang udah punya pekarangan sendiri, silahkan coba tanam ya.

Candil dengan buah naga ini punya aroma yang beda lho. Aromanya mirip aroma ubi juga, enak. Candilnya jadi empuk dengan jus buah naga ini. Warnanya juga kinclong, pink kesukaanku. Membuat candil buah naga lebih mudah dari candil ubi ungu kemarin teman-teman. Resepnya beda. Untuk kuah santannya ya sama aja. Mana yang enak? Lain-lain ya. Makanya daripada penasaran, mari bikin.Oh ya lebih enak ditambah potongan nangka ya. Cuma saya cari nggak ketemu di warung. Ya pakai bahan yang ada di rumah aja deh.
Ini resepnya ya.


Resep Bubur Candil Buah Naga
Sumber: Selma Wahida

Bahan:

1. 300 gram tepung ketan putih 
2. 30 gram tepung sagu 
3. 30 gram gula pasir 
4. 1/4 sendok teh garam 
5. 150 ml jus buah naga dari setengah buah naga

Bahan Kuah:

1. 250 ml santan
2. 35 gram gula pasir
3. 1/4 sdt garam
4. 2 lembar daun pandan
5. 1 sdm tepung sagu, larutkan dengan sedikit air

Cara Membuat:

1. Campur semua bahan candil selain jus buah naga. Tuang jus sedikit demi sedikit sampai adonan bisa dipulung. 
2. Bentuk menjadi bulatan sebesar kelereng.
3. Didihkan air secukupnya. Rebus candil hingga mengapung, tiriskan.
4. Campur bahan kuah kecuuali larutan tepung sagu kemudian masak hingga mendidih sambil terus diaduk.
5. Kecilkan api, masukkan larutan sagu, aduk cepat. Angkat.
6. Tata candil dalam mangkuk lalu siram dengan kuah. Sajikan.


Selamat Mencoba ^_^




No comments: