Lopek Bugi Buah Naga



Bismillah

Kalau orang pekanbaru dan riau pasti udah nggak asing lagi ya dengan lopek bugi atau kue bugis ini. Kue berbahan dasar tepung ketan dengan isi kelapa parut dan gula merah atau unti dan dikukus dalam daun pisang berbentuk limas. Enak dan makannya susah berhenti. Seperti biasa saya suka sekali dengan kue berbahan dasar tepung ketan ya.

Sekarang saya coba variasikan dengan buah naga. Warnanya unik. Cantik merahnya. Seger ada bintik-bintik hitam dari biji buah naganya. Suka sekali saya dengan warna buah naga ini. Rasanya nggak jauh beda dengan lopek bugi biasanya. Ada semburat rasa buah naga yang sangat samar sih. Resepnya berikut ya teman-teman.


Resep Lopek Bugi - Kue Bugis
Sumber: Just Try and Taste
Modifikasi: Dapur Comel Selma

Bahan:

1. 250 gram tepung ketan, pastikan fresh
2. 1 sendok teh garam
3. 100 ml jus buah naga dari setengah buah naga
4. 100 ml santan kental hangat
5. 2 sdt pasta pandan
6. 2 sdm minyak

Bahan isi:

1. 75 ml air
2. 100 gram gula merah
3. 50 gram gula pasir
4. 1 lembar daun jeruk
5. 1 lembar daun pandan
6. 2 sendok teh garam
7. 200 gram kelapa setengah tua, kupas dan parut memanjang
8. 2 sendok makan tepung ketan

Bahan lainnya:

Daun pisang untuk membungkus


Cara membuat:

Membuat isi kue bugis:

1. Siapkan panci kecil, masukkan air, gula merah, gula pasir, daun jeruk, daun pandan dan garam. Masak dengan api sedang hingga mendidih dan gula larut. Masukkan parutan kelapa, aduk hingga rata. Tambahkan tepung ketan, masak hingga adonan menjadi pekat dan air habis. Angkat dan dinginkan.
2. Buat bulatan bola-bola kelapa dengan ukuran lebih besar dari kelengkeng, letakkan di piring datar, sisihkan.

Membuat adonan kue:

1. Siapkan mangkuk, masukkan tepung ketan dan garam, aduk rata. Tuangkan sedikit demi sedikit campuran jus buah naga dan santan sambil adonan diuleni hingga kalis.
4. Ambil setengah sendok makan adonan, bulatkan di telapak tangan, pipihkan hingga lebar. Letakkan satu butir bulatan bola kelapa di tengah adonan, tuutp isi dengan adonan dan bulatkan dengan menggelindingkannya di permukaan telapak tangan hingga permukaannya smooth.  Lakukan hingga semua adonan habis.
5. Kukus bola-bola adonan selama 20 menit hingga matang. Angkat, letakkan di permukaan piring beralas plastic wrap agar tidak lengket.
6. Siapkan daun pisang, letakkan sebuah bola adonan. Bungkus kue seperti ketika hendak membuat bothok atau membungkus pecel. Semat rapat dan rapikan daun-daun pisang yang tersisa.
7. Kukus selama 15 menit. Angkat dan kue siap disajikan.

Selamat Mencoba ^_^


No comments: