Laksa Tangerang




Bismillah

Kemarin pas ujan, pas juga bikin laksa tangerang ini. Tiap bikin yang berkuah, apalagi ada mie atau bihunnya, pasti zauji suka sekali. Bisa bertambah2 makannya.

Laksa tangerang ini termasuk salah satu makanan berkuah yang mudah dan simpel untuk pemula. Khas dari laksa tangerang ini adalah ayam kampung bakarnya. Wangi banged. Kuah santannya juga harum wangi rempah, enak banged masyaAllah. Ayam kampung boleh diganti ayam ras. Dan ayam bakarnya boleh disuwir, tapi sy lebih suka dibiarin utuh biar lebih kerasa aromanya. Sy bakar ayamnya menggunakan oven aja dg dialas daun pisang, suprise jadi enak juga ayam bakarnya. Zauji smpai menyangka ayam bakarnya sy beli di rumah makan. Alhamdulillah...
Laksa tangerang ini enak dimakan begini aja ataupun sebagai lauk juga cocok. Penambahan kacang hijau rebus di kuah laksa juga bikin rasa laksa ini jadi unik, mirip soto yg ada togenya. 😋😋
Memang otentik laksa tangerang ini dg ayam bakar, tapi kalau terasa sulit, bisa digoreng saja lalu disuwir. Tetap enak insyaAllah.

Ini buat giveaway @bakingcookingpemula Tema menu masakan berkuah.


Resep Laksa Tangerang
Sumber: Buku Sedap Masakan Berkuah

Bahan:

150 gr bihun, seduh
500 gr ayam kampung, potong 6
600 ml air
1500 ml santan dr 2 kelapa
100 gr kelapa sangrai, tumbuk setengah halus
200 gr kentang, ptong kotak
25 gr kacang hujay, rebus
2 btg daun bawang, potong 1 cm
3 lmbr daun salam
3 sdm minyak untuk menumis

Bumbu halus:

8 bh cabe merah keriting
3 bh cabe merah besar
12 btr bwg merah
6 siung bwg putih
6 cm kunyit bakar
6 cm jahe bakar
5 cm lengkuas
3 sdt ketumbar
5 sdt garam
1 sdt merica
1 sdt gula

Cr membuat:
Aduk 1/3 bag bumbu halus dn ayam. Masak smpai berubah warna. Tuang air secara bertahap. Aduk hingga matang dn merrpa. Bakar ayam hingga kecoklatan. Sisihkan.
Tumis bumbu halus dan daun salam sampai harum. Masukkan kentang, kacang hijau, daun bawang, dan kelapa sangrai. Aduk rata.

Tuang santan sambil diaduk sampai matang.

Tata bihun dan ayam bakar. Tuangkan kuah. Sajikan.




No comments: