Wingko Pandan Keju





Bismillah

Wingko atau sering disebut juga Wingko babat adalah makanan tradisional khas Indonesia. Wingko adalah sejenis kue yang terbuat dari kelapa muda, tepung beras ketan dan gula. Wingko sangat terkenal di pantai utara pulau Jawa. Kue ini sering dijual di stasiun kereta api, stasiun bus atau juga di toko-toko kue untuk oleh-oleh keluarga. Wingko biasanya berbentuk bundar biasa disajikan dalam keadaan hangat dan dipotong kecil-kecil. Wingko dapat dijual dalam bentuk bundar yang besar atau juga berupa kue-kue kecil yang dibungkus kertas. Kombinasi gula dan kelapa menjadikan kue ini nikmat.

Wingko yang paling terkenal dibuat di Semarang. Ini menyebabkan banyak orang yang mengira bahwa wingko juga berasal dari kota ini. Meskipun demikian, wingko babat sebenarnya berasal dari Babat. Ini adalah daerah kecil di Lamongan, Jawa Timur. Babat adalah titik persimpangan Bojonegoro, Jombang, Tuban, dan Surabaya. (sumber wikipedia)

Selama ini buat wingko babat, kalau nggak pakai teflon ya dicetak pakai cetakan kue lumpur. Dapat teman-teman lihat resep wingko babat di blog saya disini dan disini. Nah sekarang coba dipanggang di oven dan coba variasi baru dengan pandan keju. Testimoninya enak, jadi penasaran, Dan ternyata nggak cuma rasanya yang enak, tampilannya juga cantik. Hijaunya kelihatan segar ya. Cuma menurutku agak kemanisan. Kayaknya next time dimodifikasi sedikit kadar gulanya.




Resep Wingko Pandan Keju
Sumber: Dida Itara

Bahan:

1. 500 gram tepung ketan
2. 350 gram gula pasir
3. 200 ml santan direbus dengan sedikit garam
4. Kelapa parut secukupnya
5. 1/2 sdt garam
6. 2 sdm mentega
7. 1 sdt vanili bubuk
8. 2 tetes pasta pandan
9. Keju parut secukupnya
10. 1 butir kuning telur, kocok lepas

Cara Membuat:

1. Campur semua bahan kecuali kuning telur, aduk rata.
2. Masukkan ke loyang beralas daun pandan, panggang hingga setengah matang.
3. Oles dengan kuning telur dan sedikit margarin cair, panggang hingga matang. Sajikan,

Selamat Mencoba ^_^





With Love




post signature

No comments: