Banana Mocca Sponge Cake




Bismillah

Agak kaget dan nggak nyangka juga, tiba-tiba zauji request dibikinin kue. Iya "kue". Soalnya kan zauji nggak suka makanan manis. Kalaupun request, mintanya masakan atau gorengan dan cemilan asin lainnya. Ini tumbennya minta kue. Minta dibuatin bolu pisang. Padahal zauji kalau beli pisang itu langsung dimakan bareng anak-anak. Ntar saya aja yang demen umpetin beberapa buah untuk kue, hihihi. Katanya zauji, dia suka cake pisang yang saya bikin kemarin (Chiffon Pisang). Bener banged ya, kue pisang itu enak. Aromanya wangi dan teksturnya lembuttttt. Apalagi kalau dijadiin chiffon ya. 



Jadinya dibikinlah chiffon pisang, eh pas jadi wah ngempes, nggak tinggi. Jadinya kan sedikit. Selidik punya selidik, sebabnya karena telurnya masih dingin udah saya mix (namanya buru-buru, jadi pelajaran deh buat ke depannya). Nggak mau zauji kecewa, dibuatlah satu cake lagi. Sponge cake biasa aja. Dan ini pakai telur yang udah nggak dingin lagi :P. Iseng saya tambahin pasta moka (dalam resep sih pakai coklat bubuk, saya ganti pasta dan tambahin tepung sebanyak coklat bubuknya), trus tepungnya nggak gluten free atau pakai terigu aja. Hasilnya seperti sponge cake pada umumnya, lembut dan wangi pisang. Berbeda tekstur dengan resep ummu fatima yang padat. Ini dikarenakan beliau pakai tepung gluten free. 





Resep Banana Mocca Sponge Cake
Sumber: Ummu Fatima

Bahan :

1. 300 gram pisang cavendish (yg sudah dikupas)
2. 4 butir telur ayam
3. 100 gram gula pasir 
4. 90 ml minyak sayur
5. 140 gram tepung terigu
6. 3 tetes pasta moka

Cara membuat:

1. Panaskan oven 160 c.
2. Haluskan pisang pake garpu (atau bisa juga di blender). Sisihkan.
3. Campur tepung beras, tepung maizena dan coklat bubuk, ayak, sisihkan.
4. Kocok telur dan gula pasir dgn kecepatan tinggi hingga adonan mengembang dan memucat. (lamanya mengocok kira2 5-10 menit)
5. Turunkan kecepatan menjadi kecepatan paling rendah. Masukkan campuran tepung, aduk rata. Masukkan minyak, aduk rata. Terakhir masukkan pisang, aduk kembali hingga rata.  Matikan mikser.
6. Tuang adonan kedalam loyang persegi 18cm yang telah diolesi minyak/margarin. Panggang hingga matang.

Selamat Mencoba ^_^



With Love





post signature

No comments: