Ongol-ongol Singkong - Lapis Pelangi



Bismillah

Singkong lagi. Bikin ongol-ongol singkong yang berlapis. Bedanya dengan ongol-ongol biasa yang dari tepung sagu dan tapioka, lebih legit dan kerasa singkongnya tentunya.
Belum pernah si buat yang murni tepung sagu ataupun murni tepung tapioka. Pernahnya yang ada campuran hunkwe, dan suka sama rasanya. Lebih suka ongol-ongol yang mana? Saya suka keduanya. Lain-lain enaknya. Nggak berhenti nyomot kalau makan ongol-ongol. Tapi kalau disandingkan dengan cenil, lebih milih cenil, hihihihi.

Kalau buat penganan singkong selaluuu deh dikit-dikit bisanya. Abis singkongnya mihil. Di indonesia rasanya pengen balas dendam. Beli singkong banyak-banyak dan dibuat macem-macem, hehehe. Penasaran soalnya. :D. Tapi kayaknya lebih penasaran sama olahan durian, buah naga, ubi ungu, nenas, nangka dan sebagainya. Semoga mudik nanti bisa eksekusi macem-macem resep. Teringat waktu mudik dua tahun lalu lagi hamil ruqayyah, mual dan terkapar. Jadi nggak bisa buat macam-macam yang bahannya cuma di indonesia. Mudah-mudahan blognya bisa update dengan penganan baru khas indonesia sepulang ke indonesia nanti. Aamiin.


Resep Ongol-ongol Singkong - Lapis Pelangi
Sumber: Catatan Nina

Bahan:

1. 1 kg singkong (aku pakai berat setelah dikupas) 
2. 300 ml santan 
3. 1,5 bungkus agar-agar bubuk putih 
4. 200-250 gram gula pasir 
5. 1/2 sdt garam 
6. 1/4 sdt vanili bubuk 
7. 1 tetes pasta pandan 
8. 1 tetes pasta strawberry (bisa juga pakai pewarna hijau dan merah) 

Taburan : 

1. 1/4 butir kelapa, parut 
2. 1/4 sdt garam 
3. 1/4 sdt vanilli bubuk (campurkan dan kukus selama kurleb 10 menit) 

Cara Membuat : 

1. Parut singkong yang telah dikupas, kemudian peras airnya (jangan terlalu kering ya). Sisihkan. 
2. Panaskan kukusan dan siapkan loyang (aku memakai loyang tulban 20x10 cm, bisa juga memakai loyang 16x16 cm), oles dengan minyak goreng dan alasi dengan plastik. Sisihkan. 
3. Campurkan agar-agar bubuk, garam dan vanilli dengan gula pasir, aduk rata dan tuang ke dalam singkong parut. Aduk rata kembali. -
4. Tuang santan sedikit demi sedikit, aduk rata. 
5. Bagi menjadi 3 bagian sama banyak, 1 bagian beri pewarna merah, 1 bagian beri pewarna hijau dan 1 bagian biarkan putih. 
6. Tuang adonan merah ke dalam loyang, ratakan dan kukus selama 15 menit. Tuang adonan putih, ratakan dan kukus lagi 15 menit. Kemudian tuang adonan hijau, ratakan dan kukus 30 menit hingga matang. 
7. Angkat dan biarkan hingga benar-benar dingin. 
8. Setelah dingin, keluarkan dari loyang, potong-potong sesuai selera dan taburi dengan kelapa parut kukus. 

Selamat Mencoba ^_^

With Love







post signature

No comments: