Roti Jala Rainbow



Bismillah

Sebagai wanita melayu dan dibesarkan di riau, harusnya saya lebih sering membuat kue khas bumi lancang kuning ini.
Kebetulan di grup disuruh membuat kue khas daerah masing-masing. Langsung teringat dengan kue-kue khas riau yang udah lama pengen dicoba buat. Jadi dengan adanya event ini ajang untuk belajar sekaligus memperkenalkan kueh mueh khas melayu riau. Ini adalah roti jala. Di riau, roti jala ada dua jenis. Dimakan dengan kuah kari kambing atau ayam (pernah saya buat sebelumnya disini), ada juga dimakan dengan kuah kinca dan durian. Kalau yang dengan kuah kari biasanya warnanya kuning dengan tambahan kunyit pada adonan kulit. Sedangkan yang kuah kinca seringkali bewarna warni. Saya membuat warna pelangi ini terinspirasi roti jala waktu pernikahan saya dahulu, cantik beraneka warna. Dulu waktu kecil mau makan roti jala harus nunggu acara dulu, karena memang agak jarang yang jual. Sekarang alhamdulillah sudah bisa bikin sendiri. Untuk kuah paling enak dengan durian, karena disini nggak ada durian, jadi saya skip. Saya suka kuahnya sedang kekentalannya, sesuai selera aja ya. Silahkan mencoba.


Resep Roti Jala Rainbow
Sumber: Dapur Comel Selma

Bahan Kulit:

1. 400 gram tepung terigu
2. 1 sdt garam
3. 700 ml air
4. 2 butir telur, dikocok lepas
5. Pewarna merah, jingga. kuning, hijau, biru dan ungu


Bahan Kuah Kinca:

1. 700 ml santan sedang
2. 50 gram gula merah
3. 50 gram gula pasir
4. 2 kuntuk cengkeh
5. 1 cm kayu manis
6. 2 lembar daun pandan
7. 3 daging durian
(saya tidak pakai karena nggak ada)

Cara Membuat:

1. Kulit, campur tepung terigu dan garam. Masukkan air sedikit-sedikit sambil diaduk sampai licin.
2. Tambahkan telur. Aduk rata.
3. Bagi menjadi 6 bagian, beri masing-masing pewarna. Masukkan ke dalam kantung plastik segitiga atau cetakan roti jala . Semprot jaring–jaring di atas wajan teflon diameter 18 cm sampai matang. Angkat. Lipat dan gulung.
4. Masak semua bahan kuah sambil diaduk hingga mendidih. Sajikan roti jala dengan kuah kinca durian.

Selamat Mencoba ^_^


With Love







post signature

No comments: