Onde-onde isi Ubi Ungu




Bismillah

Ada event ncc week lagi. Temanya onde-onde dan kue bulat. Ada alasan untuk bebikinan deh. Alhamdulillah event ncc anti gagal kemarin saya jadi juara satu dan mendapat hadiah mixer. Seumur perbakingan balu kali ini dapat hadiah yang gede.. Alhamdulillah.


Untuk setoran pertama pastilah onde-onde ya. Pagi-pagi udah ke pajak lama di bagan beli bahan. Ubi ungu, tepung, wijen, gula dan banyak lagi. Setelah itu besoknya baru bikin onde-onde ini. Bikin di dapur mertua. Motret juga di rumah mertua. Agak malu juga karena dilihat anak-anak sd yang sekolah di sekolah mertua.

Onde-ondenya yang original aja. Yang plain tapi isinya agak beda. Nggak melulu kacanh hijau kan. Saya pakai isian ubi ungu. Pertama saya kukus dulu ubi ungunya semua (saya beli sekitar sekilo) lalu saya haluskan. Saya simpan dalam wadah bertutup di kulkas. Jadi kalau mau pakai tinggal ambil. Membuat isinya ini mudah saja.


Resep Onde-onde isi Ubi Ungu
Sumber: Sajian Sedap
Recook oleh: Selma wahida

Bahan Kulit:

150 gram tepung ketan putih 
15 gram tepung sagu 
30 gram gula pasir 
1/4 sendok teh garam 
100 ml air 
50 gram wijen putih untuk pelapis  
minyak untuk menggoreng 

Bahan Isi:

150 gram ubi ungu, dikukus, dihaluskan
50 gram gula pasir 
1 lembar daun pandan 
100 ml santan dari 1/4 butir kelapa 
1/4 sendok teh garam 

Cara Membuat:

Isi,  masak ubi, gula, daun pandan, santan, dan garam sambil diaduk sampai kalis. Timbang masing-masing 10 gram. Bentuk bulat. Sisihkan.
Kulit, campur tepung ketan putih, tepung sagu, gula, dan garam. Uleni rata.
Tambahkan air hangat sedikit-sedikit sambil diuleni sampai kalis.
Timbang masing-masing 20 gram. Pipihkan. Beri isi. Bentuk bulat.
Celup ke dalam air. Gulingkan di atas campuran wijen.
Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan di atas api sedang sambil diaduk sampai matang.

untuk 24 buah

Tips dari Dapur Comel Selma:

1. Tuang air pada adonan kulitnya sedikit demi sedikit ya sampai bisa dibentuk. Jangan kelembekan. 
2. Pulung isinya terlebih dahulu membentuk bola. Usahakan isiannya kering nggak benyek ya. 
3. Supaya wijennya nggak mudah rontok, celupkan bola onde ke dalam air lalu gulingkan di wijen sambil dikepal-kepal membentuk bulat. Tips ini kudapat dari mba Fah umi yasmin.. Makasi ya mba. Bermanfaat banged. 
4. Panaskan minyak. Goreng dulu dengan api kecil hingga terapung kemudian goreng dengan api sedang hingga matang. Tiriskan. 

Selamat Mencoba ^_^


Onde-ondenya enak dan kopong. Isinya manis. Alhamdulillah laris. Semua suka. Bahkan zauji yang nggak suka makanan manis juga bilang enak. 

Mari coba bikin...




No comments: