Yuk taklukkan Soes :D - Soes isi Whip Cream dan Buah - Soes isi vla Vanilla




Bismillah

Sejak cooking class kemarin, jadi tambah penasaran sama si soes. Udah beberapa kali bikin sus, tapi hasilnya kadang sukses, tapi seringnya gagal. Yang gosonglah, kempeslah dsb. Belum memuaskanlah intinya. Kemarin bener-bener belajar ma mbak sari gimana supaya soesnya sukses lembut mengembang kokoh. Ada beberapa tips yang penting yang didapat dari cooking class kemarin. Semua diterapkan dan percobaan pertama, jadi tapi kok rada kempes ya. Tuh bisa dilihat di soes gambar pertama (yang ada whip cream dan kiwinya), masih rada kempes. Herannya eclairnya ngembang sukses. Usut punya usut ternyata salah mencetak. Pantesan eclairnya ngembang, susnya ngempes. Dan akhirnya di percobaan kedua sukses, alhamdulillah.




Soes yang awal saya kasi whip cream dan buah kiwi, seger, kayak makan es krim. Yang kedua karena udah abis, jadi pakai vla vanilla biasa. Alhamdulillah akhirnya bisa juga buat soes. Ilmunya bermanfaat banged. Jadi puasss banged makan sus. InsyaAllah next time mau pakai spuit supaya lebih cantik tampilannya



Resep Soes Vanilla
Sumber: Mbak Sari

Bahan Kulit:

1. 225 ml air
2. 100 gram butter
3. 125 gram tepung terigu
4. 1 sdm gula pasir
5. 1/2 sdt garam
6. 1/2 sdt baking powder
7. 4 butir telur

Bahan Vla:

1.  750 ml susu cair
2. 2 butir kuning telur, kocok lepas
3. 150 gram gula pasir
4. 50 gram tepung maizena
5. 1 sdt bubuk vanili


Cara Membuat:

1. Panaskan oven 200 C. Dalam panci, masak air, mentega, gula dan garam hingga cair.
2. Kecilkan api, masukkan tepung terigu, aduk hingga kalis. Matikan api dan dinginkan.
3. Masukkan telur satu persatu sambil dimixer hingga lembut.
4. Cetak soes diatas loyang lebar (untuk kue kering).
5. Panggan dengan api bawah selama 25 menit. Lanjutkan dengan api atas selama 5 menit. Matikan api dan biarkan soes di dalam oven hingga dingin.
6. Panaskan setengah bagian susu cair, gula dan vanili hingga mendidih pinggirannya. Masukkan campuran tepung maizena dan susu cair, masak hingga meletup-letup. Matikan api.
7. Masukkan kuning telur, aduk rata. Nyalakan lagi api kecil, masak sambil terus diaduk-aduk hingga meletup-letup, dinginkan.
8. Belah kulit sus, masukkan vla dan hias sesuai selera. Sajikan.

Selamat Mencoba ^_^


With Love









post signature

No comments: