Siomay Bandung



Bismillah

Siapa sih ya yang nggak suka siomay. Hampir semua orang suka. Siomay merupakan masakan indonesia yang diadaptasi dari masakan china. Siomay

Siomay adalah pangsit ikan kukus Indonesia dengan sayuran yang disajikan dengan saus kacang. Siomay ini diadaptasi dari dimsum china, atau Shumay dalam bahasa china.Pelengkap lain untuk siomay adalah kol kukus, kentang kukus, pare kukus, telur rebus dan tahu isi siomay. Disajikan dengan saus kacang, kecap manis, saus sambal dan sejumput air jeruk nipis.

Siomay ada di mana-mana di kota-kota Indonesia. Hal ini dapat ditemukan di warung-warung pinggir jalan makanan, gerobak, dan restoran. Perbedaan siomay indonesia dengan shumai China adalah, shumai tidak disajikan dengan saus kacang, tapi dengan saus cabai manis-asam dan pedas. Siomay yang paling terkenal adalah Siomay Bandung. (sumber: wikipedia)

Pertama kali saya belajar membuat siomay sendiri dari salah seorang ummahat di madinah. Malah beliau membuat siomay menggunakan ayam giling. Kemudian beberapa kali bikin, tapi belum menemukan rasa yang paling pas. Terakhir ini nyoba lagi, dan alhamdulillah suka. Membuatnya juga nggak seribet dibayangkan, insyaAllah mudah.


Resep Siomay Bandung
Source : Ibu Fatmah Bahalwan

Bahan :

1. 500 gram daging ikan tenggiri , haluskan
2. 2 sdm bawang merah halus
3. 1 sdm bawang putih halus
4. 2 sdt merica bubuk
5. 1 sdt chicken podwer
6. 3 sdm gula pasir
7. 3 sdt garam
8. 1 sdm minyak wijen
9. 3 butir telur
10. 400 gram labu siam , parut kasar
11. 450 gram tepung sagu tani

Cara Membuat :

1. Aduk daging ikan halus dengan bumbu-bumbu halus, tuang telur , aduk rata.
2. Tambahkan labu siam, aduk rata , lalu tuangkan tepung sagu , aduk rata lagi, sisihkan.
3. Ambil satu lembar kulit siomay , isi dengan adonan ikan , lipat ke atas, rapikan bentuk wiron. Taruh diatas loyang yang sudah dipoles minyak , kukus 20 menit hingga matang
4. Rebus kentang ½ matang , kupas kulitnya, belah dua.kerat-kerat bagian yang ratas, beri adonan ikan.kukus hingga matang .
5. Potong pare, buang bijinya, isi dengan adonan ikan.kukus 30 menit hingga matang.
6. Potong kotak tahu , goreng sebentar, kerat-kerat dengan garpu salah satu sisinya tempelkan adonan ikan.kukus 30 mit hingga matang .
7. Telur rebus belah dua, tempeli dengan adonan ikan.kukus hingga matang .

Selamat Mencoba ^_^



No comments: