Martabak oh Martabak.....-- Manis, Terang bulan dan Bolu



Bismillah

Kenapa judulnya martabak oh martabak? Karena bener-bener perjuangan yang cukup panjang buat jadi martabak yang oke kayak yang dijual-jual. Semuanya pakai teflon, karena cuma punya cetakan martabak mini. Kalau yang mini insyaAllah udah lulus uji, udah oke maksudnya. Seperti postingan saya di Martabak Mini Sosis Keju. Tinggal yang gede ini, suka jelek hasilnya, kadang nggak bersarang, kadang gosyong, dan kadang kala tipis. Huhuhu, bikin stres juga. Padahal udah pengen makan martabak yang seperti dijual ituuuu...apalagi yang pakai durian, udah kangen banged :D.


Ini nih perjuangan membuat martabakku, ini yang diposting aja, yang nggak diposting juga ada, yang gagal total maksudne, hehe. Perdana setahun yang lalu disini, hasilnya bersarang, kulitnya juga bagus lembut, cuma tebeeellll, huaaa, mungkin karena kebanyakan adonan. Trus nyoba bikin yang bolu dwiwarna, alamak jadi tipisss, padahal kan marbol mestinya tebel ya. Minimal nggak setipis ini. Kayaknya karena kekurangan adonan. Takaran adonan nggak sebanding dengan gedenya teflon. Setelah itu iseng pakai resep lain, buat yang lagi kekinian saat itu, martabak brownies, dan memang hasilnya seperti brownies, sarangnya nggak keliatan, huhuhu. Terakhir nyoba lagi bikin martabak coklat dan martabak kismis, dan sarangnya tetap nggak keliatan. Kecewa? Banged. Walaupun kulitnya udah cantik, tapi sarangnya nggak mau nongol. Nah akhirnya berhenti buat martabak dan abis tu lupa, ehee.

kulitnya rada gosong karena gk fokus jaga api

Tiba-tiba aja baru-baru ini lihat seorang ummahat mosting martabak teflonnya. Wah jadi pengen buat lagi. Udah lama juga, tangan jadi kaku lagi. Coba pakai resep yang di share di grup itu, hmm, kok terlalu kental pas mau didiamkan. Langsung putar haluan pakai resep bunda nina. Belakangan baru direvisi, resep yang di share di grup kurang air. Pas bikin martabak ini sambil ngemong ruqayyah, nggak rajin dicek. Alhasil kulitnya rada gosong. Padahal udah bersarang banged. Cantik lagi sarangnya, keliatan kan seperti foto dibawah.


Resep Martabak Manis
Sumber: Catatan Nina


Bahan :


1. 250 gram tepung terigu
2. 1 sdt baking powder
3. 75 gram gula pasir
4. 1/4 sdt garam halus
5. 2 kuning telur
6. 350 ml air
7. 1-2 tetes pewarna kuning telur (optional)

Bahan tambahan per loyang :

1. 1/4 sdt baking powder
2. 1/4 sdt soda kue

Bahan taburan per loyang :

1. 1 sdm margarin
2. 1 sdm gula pasir
3. keju cheddar parut secukupnya

Cara Membuat :

1. Campur dan ayak tepung terigu beserta baking powder. Tambahkan gula pasir, garam halus dan kuning telur. Aduk hingga rata.
2. Beri pewarna kuning telur ke dalam air kemudian tuang air ke dalam adonan, mixer dengan kecepatan rendah hingga lembut.
3. Diamkan adonan selama 1 jam. Adonan siap digunakan.
4. Panaskan cetakan dengan api kecil hingga benar-benar panas. Bagi adonan menjadi 2 bagian.
5. Sesaat sebelum adonan dituang, masukkan baking powder dan soda kue. Aduk rata. Tuang adonan, biarkan hingga adonan berbusa / berlubang kecil-kecil. Tabur gula dan tutup hingga matang. Angkat. 6. Oles terang bulan dengan margarin,keju cheddar dan SKM . Potong 2 bagian sama besar dan tumpuk. Oles bagian kulitnya dengan margarin.
7. Siap disajikan.

Notes :

- Cetakan harus dalam keadaan benar-benar panas ya. Sebelum adonan dituang seluruhnya, bisa ditest dengan menuang sedikit adonan.
- Penambahan baking powder dan soda kue ke dalam adonan sebelum dituang tergantung pada ukuran cetakan ya. 1/4 sdt baking powder dan soda kue untuk cetakan ukuran 22 cm.

Masih belum puas tapi berhenti dulu. Cooling down istilahnya. Soalnya kalau bikin kue pas mood hancur, yang ada kuenya ikutan hancur, hehehe. Nah pas nyoba resep apam baliknya mbak hesti, langsung sadar, kok mirip martabak ya. Bedanya, apam balik sengaja dibuat tipis dan dilipat, mirip perpaduan martabak dan crepes. Hmm, coba dimodif dikit. Tetap pakai resep mbak hesti, cuma adonannya dituang semua, pas menurutku dengan ukuran teflonku. Dan alhamdulillah, jadiiii...Langsung seneng banged. Martabak terang bulannya oke. Kulitnya lembut, dalamnya bersarang. Trus ada menteganya juga yang khas terbul. 

Udah mirip ma yang dijual-jual

Oh iya, bedanya martabak manis, terang bulan dan bolu itu pada teksturnya. Kalau martabak bolu lebih kering (nggak bermentega), lembut dan tebal, trus mirip-mirip ma bolu tapi bersarang. Ini dihasilkan dari pemakaian ragi. Jadi kalau martabak manis dan terbul biasanya nggak pakai ragi. Cuma baking powder dan baking soda. Makanya supaya bisa bersarang, saya diamkan semalaman. Kalau martabak bolu malah lebih enak, cuma didiamkan sejam aja udah siap dipanggang. 





Resep Martabak Terang Bulan

Bahan :

1. 200 gram terigu protein sedang
2. 2 sdt baking powder (aku pake 1 sdt aja)
4. 3/4 sdt baking soda
5. 1/2 sdt garam halus
6. 50 gram gula pasir
7. 160 ml air
8. 160 ml susu cair
9. 1 butir telur
10. 40 gram butter lele
11. 1 1/8 sdt air alkaline (aku gak pake)

Filling :

1. Kacang tanpa kulit, sangrai (cincang kasar)
2. Gula pasir
3. Butter
4. Susu kental manis
5. Keju parut

Cara Membuat :

1. Dalam wadah, campur semua bahan kulit. Aduk rata.
2. Aduk rata menggunakan whisk sampai halus dan tidak bergerindil. Simpan di kulkas semalaman. (aku cuma 5 jam)
3. Panaskan pan anti lengket. Beri sedikit minyak dan bersihkan sisa minyaknya menggunakan lap.
4. Tuang adonan secukupnya ke dalam pan. ( kalo mau lebih tebal bisa ditambahkan adonannya).
5. Apabila gelembungnya sudah mulai banyak, taburi gula filling sesuai selera (lebih enak ditambahkan sedikit butter) lalu tutup pan agar tengahnya cepat matang.
6. Apabila tengahnya sudah matang dan pinggirannya sudah mengeras segera angkat. Oles kulit dengan mentega. Potong dan sajikan.




Martabak bolu ini dibuat beberapa hari kemudian. Masih demam martabak. Setelah sukses kemarin, jadi pengen martabak bolu yang dua warna (untuk teflonku pakai 2x resep mbak ricke), dan alhamdulillah hasilnya oke. Zauji malah lebih suka martabak bolu dibandingkan dengan martabak manis. Fillingnya pakai vla santan, keju parut dan meses. Mungkin fillingnya ini yang zauji suka. Selain itu martabak bolu lebih lembut. Sip deh, sekarang udah bisa bikin martabak walaupun nggak punya cetakannya. Alhamdulillah. Benar-benar perjuangan :D





Resep Martabak Bolu Dua Warna
Modifikasi: Dapur Comel Selma

Bahan A:

1. 100 gram terigu protein sedang
2. 25 gram gula pasir halus
3. 1/2 sdt ragi instant
4. 150 ml santan hangat

Bahan B:

1. 1 butir telur
2. 1 buah kuning telur
3. 25 ml air perasan daun pandan
4. 1/2 sdt pasta pandan
5. 1/2 sdt baking powder
6. 1/4 sdt soda kue
7. 1 sdt gula pasir (untuk taburan)

Bahan Vla:

1. 100 ml santan encer (saya buat dari santan kental instan ukuran 60 ml ditambah air 40 ml)
2. 1/8 sdt garam
3. 3 sdm susu kental manis
4. 1 lembar daun pandan, sobek-sobek
5. 1/4 sdt pasta pandan
6. 1 sdm maizena, dilarutkan dengan sedikit air

Taburan filling:

Keju cheddar parut
Meses Coklat

Dusting:

Gula halus




Cara Membuat:

1. Masak santan pada bahan filling bersama garam, susu kental manis, pasta pandan dan daun pandan. Aduk-aduk sampai mendidih. Masukkan larutan maizena. Aduk hingga kental dan meletup-letup. Angkat. Sisihkan.
2. Campur terigu dan gula pasir halus. Tuangi santan hangat. Aduk rata dengan whisker hingga halus dan lembut. Masukkan ragi instant. Aduk rata. Diamkan kurang lebih 30 menit hingga 1 jam (tergantung kondisi tempat masing-masing).
3. Kocok lepas telur. Masukkan ke dalam adonan. Aduk rata. Masukkan air perasan daun pandan dan pasta pandan. Aduk rata. Masukkan baking powder. Aduk rata. Diamkan 15 menit.
4. Panaskan loyang martabak hingga cukup panas (jangan terlalu panas ya...). Masukkan soda kue ke dalam adonan, aduk rata. Segera tuang ke dalam loyang martabak yang telah panas. Kecilkan api. Tunggu sampai muncul gelembung-gelembung dan lubang-lubang yang cukup banyak. Tutup loyang (saya menggunakan tutup panci) sampai permukaan agak kering. Taburi gula pasir, tutup lagi sebentar sampai gula agak mencair. Angkat.
5. Belah 2 martabak. Oles 1/2 bagian dengan vla. Taburi keju parut. Tumpuk dengan 1/2 bagian lagi. Dusting permukaan martabak dengan gula halus. Potong-potong. Sajikan hangat.

Selamat Mencoba ^_^




With Love






post signature 

No comments: